Pemprov Siapkan Enam Truk Sampah

Sumber:Banjarmasin Post - 13 September 2006
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Banjarmasin, BPost. Predikat kota terkotor yang disandang Banjarmasin ternyata membawa hikmah. Dinas Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Kota Banjarmasin mendapat bantuan berupa empat buah truk arm roll dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, dan dua buah truk sampah bantuan dari Kimpraswil Kalsel.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Kota Banjarmasin, Syaidin Noor mengatakan, bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian Pemprov Kalsel untuk membantu mengangkat Banjarmasin dari predikat kota terkotor.

"Alhamdullilah, Gubernur Kalsel langsung merespons permasalahan kebersihan yang saat ini tengah dihadapi Kota Banjarmasin, dengan menyetujui memberikan bantuan berupa sarana penunjang kebersihan kota berupa empat buah truk arm roll. Sedangkan mengenai waktunya, gubernur berjanji sesegera mungkin merealisasikannya," ungkapnya di Balaikota, Selasa (12/9).

Sampai saat ini, Dinas Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Kota Banjarmasin hanya memiliki 29 armada truk sampah. Sembilan truk di antaranya tidak dapat dioperasikan, karena rusak berat.

Sementara rasio ideal perbandingan truk sampah dengan jumlah penduduk adalah 10.000 orang : 1 buah truk sampah. Dengan jumlah penduduk sebanyak 650.000 jiwa, seharusnya Kota Banjarmasin memiliki jumlah armada pengangkut sampah sebanyak 65 buah.

"Yang jelas, bantuan beberapa armada tambahan tersebut, tentunnya sangat membantu Dinas Kebersihan dan Pengelolaan Sampah dalam mewujudkan Kota Banjarmasin yang bersih tahun 2007 nanti," katanya. ck6

Post Date : 13 September 2006