Pencemaran Empat Sungai di Bekasi Makin Parah

Sumber:Media Indonesia - 06 November 2009
Kategori:Air Limbah

BEKASI--MI: Pencemaran empat sungai di wilayah Bekasi, Jawa Barat terus terjadi dan makin parah. Selain Kali Bekasi, Rawa Tembaga, Cakung, dan Bancong, pencemaran juga terjadi pada anak-anak sungai seperti Kali Baru dan Sasak Jarang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Dudi Setiabudi, Jumat(6/11) mengatakan tingkat pencemaran untuk masing-masing parameter bervariatif. "Namun setelah dilakukan uji laboratorium ternyata pencemaran air melebihi ambang batas dan mengancam biota air," katanya.

Menurutnya, terdapat 16 parameter untuk mengetahui kadar pencemaran air sungai. Penyebabnya akibat sampah, limbah industri, dan kotoran manusia.

Ia mengatakan pemerintah setempat telah mengimbau agar perusahaan mengolah limbah terlebih dulu sebelum di buang ke sungai. Selain itu, masyarakat pengguna air sungai juga diimbau tidak membuang sampah ke dalam sungai.

Pencemaran ini berdampak timbulnya penyakit kulit pada warga yang menggunakan air sungai untuk keperluan sehari-hari. Selain itu, juga muncul aroma busuk sampah dan limbah yang berhembus dari sungai juga mengganggu saluran pernafasan.

"Semuanya butuh proses dan tidak mungkin parameter pencemar menghilang 100%. Antispasinya, kerja keras semua pihak harus terealisasi," tuturnya. (OL-06)



Post Date : 06 November 2009