Penegak Kebersihan Dibentuk

Sumber:Kompas - 17 Desember 2006
Kategori:Sampah Jakarta
Jakarta, kompas - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lebih serius menangani masalah sampah pada tahun 2007. Menghindari makin menumpuknya sampah di tempat yang tidak semestinya, pemprov telah membentuk 3.000 keluarga sebagai juru penegak kebersihan.

"Bersama para petugas kebersihan kami, mereka akan bersama-sama memelopori pengelolaan sampah yang benar, termasuk menggalakkan daur ulang sampah di tingkat rumah tangga. Targetnya, tahun depan maksimal tingkat buangan sampah di Jakarta sama dengan tahun ini, sekitar 6.000 ton per hari," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Rama Budi, Sabtu (16/12). Dia mengemukakan itu di sela- sela acara Aksi Bersih untuk Hijau yang diselenggarakan Kompas bersama Unilever.

Rama Budi memperkirakan, pada 2007-2008 penambahan buangan sampah bakal meningkat antara 6.200 hingga 6.300 ton per hari. Pada 2015 akan menjadi 6.700 ton per hari.

Dari data-data itu, sampah harus dihadapi dengan pengolahan yang lebih modern serta ramah lingkungan. "Jika tidak, akan memperkeruh masalah lingkungan yang telah ada," kata Rama.

Pemprov menargetkan 20 persen sampah dapat didaur ulang, 4 persen dijadikan kompos, 23 persen diolah, antara lain menjadi bahan bakar gas, dan sisanya, sampah padat yang dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Sampah sebagai bahan bakar gas akan terus ditingkatkan hingga tahun 2015. Diharapkan, pada tahun 2015 tidak ada lagi sisa sampah yang harus dibuang ke TPA karena semuanya dapat digunakan kembali.

Rama Budi mengatakan sudah banyak kelompok masyarakat yang aktif mendaur ulang sampah, tetapi belum dikenal karena kurang publikasi.

Kelompok PKK di Lebak Bulus, Jakarta Barat, misalnya, aktif membuat kompos. Demikian pula warga di Jalan Rawasari Barat, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat, mendaur ulang berbagai produk kemasan sabun cuci, pewangi, pasta gigi, serta kaleng dan plastik menjadi celemek, tutup lemari es, tas jinjing, dan tas sekolah. (nel)



Post Date : 17 Desember 2006