Pengaruh Lama Kontak dan Tingkat Umur Tumbuhan Eceng Gondok Terhadap Kadar Ammonia Dalam Air Limbah RS. Panti Wilasa Citarum Semarang

Pengarang:Wahyuni Majidi, NIM. L2J200010
Penerbit:Semarang, Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
No. Klasifikasi:628.5 MAJ p
Kata Kunci:Eceng Gondok, Ammonia, Air Limbah,
Lokasi:Perpustakaan PS Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Telp. 024-76480678
Kategori:Karya Ilmiah

Kecepatan  pertumbuhan eceng gondok (Eichhornia  crassipes (Mart), Solms) telah banyak diteliti dan ternyata sangat tergantung dari faktor-faktor lingkungan seperti unsur hara, cahaya, kedalaman air, salinitas  dan pH.    Proses regenerasi vegetatif yang cepat dan toleransinya terhadap lingkungan  yang cukup besar, menyebabkan tumbuhan eceng gondok  dapat mendatangkan  masalah antara lain dapat menyumbat saluran irigasi, menghambat transportasi di perairan, merupakan sarang vektor penyakit.  Pengaruh lainnya adalah, gulma yang sudah mati akan turun kedasar perairan sehingga  mempercepat terjadinya proses pendangkalan sungai. Disamping itu tumbuhan eceng gondok juga mempunyai kemampuan  untuk menyerap unsur hara, senyawa organik dan unsur kimia lain dalam jumlah yang besar,  sehingga tumbuhan  tersebut dapat dimanfaatkan  pada proses pengolahan air limbah dan pengendalian  pencemaran lingkungan.
Metode penelitian ini adalah eksperimental dengan rancangan yang digunakan  One Group Pretest Postest Design, dimana dalam rancangan ini digunakan satu kelompok subyek, pertama-tama dilakukan pengukuran (Pretest) kemudian dikenakan perlakuan selanjutnya dilakukan pengukuran kedua (Postest).
Hasil dari penelitian ini diketahui rerata proses penurunan kadar ammonia pada perlakuan eceng gondok muda masing-masing :  pada lama kontak 2 hari penurunan kadar ammonia 62,17%, pada lama kontak 4 hari penurunan kadar ammonia 87,1 % , dan pada lama kontak 6 hari penurunan kadar ammonia 94,3%.  Sedangkan pada perlakuan eceng gondok tua  masing-masing : pada lama kontak 2 hari penurunan kadar ammonia 79,35%, pada lama kontak 4 hari penurunan kadar ammonia 97,61%, dan pada lama kontak 6 hari penurunan kadar ammonia sebesar 98,4%.   Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa  tumbuhan eceng gondok dapat menurunkan kadar ammonia pada air limbah  dalam jumlah yang besar.
 

Pustaka ini tersedia di Perpustakaan Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Telp. 024-76480678 (Ibu SRI)

 



Post Date : 05 Januari 2009