Pengembangan Sistem Informasi Geografis Kesehatan, Air Minum dan Penyehatan Lingkungan: Tesis

Pengarang:Nizma Fadila
Penerbit:Depok: Peminatan Informatika Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Magister Kesehatan Masyarakat, 2012
Tahun Terbit:2012
No. Klasifikasi:628 Fad p
Kata Kunci:AMPL, Kesehatan Lingkungan, Tesis, Sistem Informasi
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Compact Disc

Air dan manusia merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan sehingga keberadaaan air perlu dijaga dengan baik. Kebutuhan masyarakat pada air, apabila tidak dikuti dengan sanitasi yang baik akan berakibat pada krisis air. Salah satu cara mengatasi hal ini diperlukan proses perencanaan dan pengambilan keputusan, untuk itu diperlukan pemanfaatan dan analisis data.  Tingginya kebutuhan akan data mendorong adanya kebutuhan terhadap pengembangan sistem informasi geografis kesehatan pada air minum dan penyehatan lingkungan (AMPL).

Penelitian dalam tesis ini bertujuan untuk mengidentifikasikan model sistem informatika analisis spasial faktor resiko penyakit bawaan air yang mampu mendukung pengambil keputusan dalam proses perencanaan peningkatan kualitas dan kuantitas sarana air bersih dan sanitasi nasional. Dengan melakukan proses analisis over laying dan ploting data dalam sistem ini, maka keluaran data yang didapatkan berupa data tabulasi, grafik dan peta, yang dipercaya mampu melihat kesenjangan masing-masing wilayah.



Post Date : 23 Juli 2012