Pengukuran Konsentrasi Oksida Nitrogen (NOx) di Tepi Jalan dengan Metode Pasif Sampling (Studi Kasus: Jalan Utama di Wilayah Karees, Bandung)

Pengarang:Putu Tania Sari
Penerbit:Bandung, Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil & Lingkungan, Institut Teknologi Bandung (ITB), 2009
Tahun Terbit:Th. 2009
No. Klasifikasi:363.7 SAR p
Kata Kunci:paper, Air Pollution, seminar pengelolaan limbah padat – teknologi, TL ITB
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Pedoman/Panduan

Nitrogen oksida (NOx) merupakan kunci polusi udara perkotaan, dihasilkan dari aktivitas transportasi. Dikarenakan sumber NOx adalah antropogenik, paparan terhadap masyarakat dipengaruhi terhadap masyarakat dipengaruhi terhadap kedekatannya dengan jalan raya.
  
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsentrasi NOx sebagai NO¬2¬¬¬ di tepi jalan utama wilayah Karees, Bandung. Pengukuran dilakukan menggunakan metode sampling pasif. Pemantauan NOx menggunakan metode pasif sampling telah digunakan sebagai indeks dari polusi terkait aktivitas lalu lintas. Diharapkan penelitian ini akan digunakan untuk mengevaluasi paparan NOx di pinggir jalan dan sekitarnya.

Resume dari paper ini terdapat di ”Resume Seminar Tugas Akhir Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, ITB, 18 Agustus 2009“
 



Post Date : 21 Agustus 2009