Penyisihan Senyawa Organik pada Biowaste Fasa Cair dengan Variasi Air Pencuci pada Rasio 1:2 dalam Reaktor Batch

Pengarang:Feby Riyani Wirda
Penerbit:Bandung, Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil & Lingkungan, Institut Teknologi Bandung (ITB), 2009
Tahun Terbit:Th. 2009
No. Klasifikasi:363.728 WIR p
Kata Kunci:paper, biowaste – fasa cair, seminar pengelolaan limbah padat – teknologi, TL ITB
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Pedoman/Panduan

MBT merupakan suatu kombinasi dari pemisahan secara mekanis dan pengolahan biologis – baik aerobik maupun anaerobik ataupun kombinasi keduanya – yang dirancang untuk mengekstrak dan/atau mengolah fraksi-fraksi dari input limbah dengan tujuan tertentu. Penerapan sistem MBT dapat mengurangi emisi gas metan dan kandungan COD dalam air lindi mencapai 80-90%.
 
Pada penelitian ini dilakukan proses pemisahan pada fasa cair dan fasa padat yang bertujuan untuk mempermudah proses degradasi. Dengan menggunakan teknologi  anaerobic digestion dalam pengolahan limbah cair, kemampuan untuk mendegradasi dapat mencapai 95%. Selain itu, proses degradasi yang berlangsung dalam fasa cair akan lebih mudah dan cepat karena substrat yang larut dalam air lebih mudah diserap oleh sel bakteri.
 
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui degradasi materi organik biowaste fasa cair pada variasi air pencampur dalam reaktor batch anaerob.

Resume dari paper ini terdapat di ”Resume Seminar Tugas Akhir Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, ITB, 18 Agustus 2009“
 



Post Date : 20 Agustus 2009