Penyisihan Senyawa Organik pada Biowaste Fasa Padat Menggunakan Reaktor Batch Anaerob

Pengarang:Winda Laksana
Penerbit:Bandung, Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil & Lingkungan, Institut Teknologi Bandung (ITB), 2009
Tahun Terbit:Th. 2009
No. Klasifikasi:363.728 LAK p
Kata Kunci:paper, biowaste – fasa padat, seminar pengelolaan limbah padat – teknologi, TL ITB
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Pedoman/Panduan

Materi organik merupakan jumlah terbesar dari komposisi sampah kota di Indonesia, yaitu 70-80%. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah Mechanical Biological Treatment (MBT) yang merupakan salah satu bentuk proses pengolahan limbah yang menggabungkan proses mekanik dengan pengolahan biologi.
  
Tujuan dari MBT adalah untuk meminimasi dampak lingkungan dari pembuangan akhir dan mendapatkan material yang dapat didaur ulang. Proses mekanik terdiri dari pemilahan, pencacahan, pencampuran, dan pemisahan, digunakan untuk menghilangkan atau menyisihkan limbah didaur ulang. Proses biologi adalah degradasi bakteri yang dapat mengurangi volume limbah dan dapat membuat limbah stabil sehingga dapat dibuang secara landfill tanpa mengeluarkan metan.
  
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati proses degradasi biowaste  fase padat dalam reaktor batch  anaerob dengan menggunakan metode MBT, mengetahui pengaruh dari air pembilas terhadap karakteristik biowaste,  dan mengetahui efisiensidegradasi secara anaerob di dalam reaktor batch.

Resume dari paper ini terdapat di ”Resume Seminar Tugas Akhir Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, ITB, 18 Agustus 2009“
 



Post Date : 20 Agustus 2009