Perbaikan Irigasi di Sumut Terhambat Dana

Sumber:Kompas - 12 Juli 2005
Kategori:Drainase
Medan, Kompas - Perbaikan irigasi di sejumlah intake Sungai Ular, Sumatera Utara, tidak akan bisa dilakukan dalam waktu dekat karena pemerintah tidak punya anggaran. Pemerintah hanya bisa memberikan bantuan pompanisasi untuk mengurangi keringnya belasan ribu hektar sawah di Kabupaten Deli Serdang dan Serdang Bedagai akibat kerusakan irigasi tersebut.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertanian Sumatera Utara, Bintara Thahir kepada sejumlah petani di Dusun Kebun Sayur, Deli Serdang, Minggu (10/7). Kami menyadari, irigasi sangat mendasar bagi petani. Kondisi ini menyedihkan bagi Sumut sebagai salah satu lumbung padi nasional. Tetapi, dengan kondisi keuangan negara seperti ini, saya kira perbaikan sistem irigasi untuk mengatasi kekeringan di Deli Serdang dan Serdang Bedagai belum bisa dilakukan dalam waktu dekat, katanya.

Untuk sementara, menurut Bintara, pihaknya hanya bisa memberikan bantuan pompanisasi untuk mengairi lahan dengan area seluas 100-200 hektar. Bintara menambahkan, setiap tahun pihaknya menyediakan sepuluh pompa untuk kelompok tani di Sumatera Utara.

Jatahnya hanya sepuluh dan dialokasikan untuk seluruh Sumut, mulai dari Mandailing hingga Langkat. Masing-masing kelompok tani bisa mengajukan untuk pompa ini dan kalau tidak bisa dipenuhi tahun ini tahun depannya. Tetapi, pengelolaan dan biaya operasional diserahkan kepada petani, katanya.

Sementara itu, para petani di Deli Serdang mengatakan, kekeringan areal sawah di kawasan itu kian parah. Kekeringan itu disebabkan tidak bisa masuknya air Sungai Ular ke dalam saluran irigasi.

Beberapa faktor yang dituding sebagai penyebab, yaitu kerusakan saluran irigasi, menurunnya debit air akibat rusaknya kawasan hulu sungai, dan menurunnya muka air akibat penggalian pasir. (aik)

Post Date : 12 Juli 2005