Percik 1st edition 2012 (STBM Spesial Edition) "Sanitation for All Trough STBM"

Pengarang:National Water and Sanitation Working Group
Penerbit:Jakarta: National Water and Sanitation Working Group, 2012; 60 p
Tahun Terbit:2012
No. Klasifikasi:363.72 Kel s
Kata Kunci:STBM, Sanitasi, CLTS, Promosi Kesehatan, Mengubah Perilaku
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Majalah

Salah satu strategi nasional untuk mencapai target pembangunan millennium (MDGs) akhir tahun 2014 dan target pembangunan nasional sektor AMPL adalah Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI, STBM telah berhasil menjadi platform pembangunan sanitasi berbasis masyarakat untuk mendorong perubahan perilaku hidup bersih dan sehat.

Untuk mengubah perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakatdilakukan dengan  proses pemicuan melalui pemberdayaan masyarakat.  Di Indonesia proses pemicuan ini telah dilakukan sampai ke pelosok-pelosok desa seperti Desa Maradesa Induk Sumba Tengah Nusa Tenggara Barat, Dompu Nusa Tenggara Timur, Sampang Jawa Timur, Probolinggo dan daerah lainnya.  Pemicuan pemicuan ini telah memperlihatkan hasilnya dimana “banyak pihak sudah mulai menerapkan pemicuan bukan hanya untuk stop buang air besar sembarangan saja. Jadi memang sudah muncul desa-desa yang mencapai kondisi sanitasi total di 5 pilar STBM” ungkap Zainal Nampire selaku Kasubdit Penyehatan Air dan Sanitasi Dasar, Kementrian Kesehatan. Hal senada diungkapkan Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas, Nugroho Tri Utomo “STBM merupakan satu-satunya program atau pendekatan yang intervensinya langsung ke tingkat rumah tangga yang memang merupakan penentu utama keberhasilan program sanitasi”.

Di tahun 2012 ini, dalam pelaksanaan kegiatan STBM, Sekretariat STBM akan mulai melaksanakan sistem monitoring terhadap perkembangan akses jamban di wilayah kerja kecamatan/Puskesmas yang berbasis SMS. Kegiatan ini diawali di 500 Puskesmas yang tersebar di wilayah Indonesia.

Percik edisi khusus STBM kali ini menampilkan pula hasil wawancara dengan Prof.dr.Tjandra Yoga Aditama (SpP(K) selaku Dirjen PP & PL Kementrian Kesehatan, Soekarwi Gubernur Jawa Timur, Bupati Bima Ferry Zulkarnaen, aplikasi dan  tantangan dari 5 Pilar STBM dan beberapa pembelajaran yang menarik untuk di baca.

 

 

 



Post Date : 12 September 2012