Percik Edisi I Tahun 2011 "Semarak KSAN 2011"

Pengarang:Redaksi Air Minum
Penerbit:Jakarta: Kelompok Kerja AMPL, 2011, 59 hal
Tahun Terbit:2011
No. Klasifikasi:623.854 Kel s
Kata Kunci:KSAN 2011, Sanitasi, Air Minum, Sampah, Pemanasan Global, Bakosurtanal
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Majalah

Sanitasi dan air minum merupakan salah satu dari delapan tujuan Sasaran Pembangunan Milenium (Millenium Development Goals/MDGs) yang diupayakan dapat dicapai tahun 2015. Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan “masih rendah akses air minum dan sanitasi yang layak mencerminkan bahwa laju penyediaan infrastruktur air minum dan sanitasi belum dapat mengimbangi laju pertumbuhan penduduk. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan kemampuan pendanaan pengembangan air minum dan sanitasi dan belum optimalnya pengelolaan sarana dan prasarana yang sudah dibangun”. Untuk hal ini Deputi Sarana dan Prasarana Bappenas Dedy S Priatna mengingatkan “perlunya ada mekanisme pendanaan yang terintegrasi yang melibatkan semua pihak baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, swasta dan masyarakat dalam pembangunan sarana  air minum dan sanitasi.

Untuk dapat mencapai tujuan MDGs di tahun 2015 “pemerintah harus menyediakan layanan air minum untuk hampir 60 juta rakyat dan layanan sanitasi untuk 35 juta penduduk. Ini tantangan yang luar besar dan membutuhkan kerja ekstra. Jelas air minum dan sanitasi itu penting” kata Nugroho Tri Utomo selaku Direktur Perumahan dan Permukiman Bappenas.

Semua pendapat diatas dipaparkan dalam perhelatan akbar seluruh pemangku kepentingan dibidang sanitasi dan air minum nasional yang bertajuk Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) 2011 dengan tema “Tangani Sanitasi Amankan Air Minum” yang diselenggarakan di Hotel Grand Sahid Jakarta pada tanggal 11-13 Oktober 2011.

Selain mengetengahkan Semarak KSAN 2011, Percik kali ini menampilkan juga manfaat air minum, artikel anak sehat Indonesia kuat, sampah listrik Indonesia menjadi contoh Negara C-40, air dan sanitasi buruk musuh kemanusiaan,, air minum dan sanitasi dalam satu tarikan nafas, Bakosurtanal berganti nama Badan Informasi Geospasial dan topik lainnya terkait dengan air minum dan sanitasi.

 



Post Date : 18 September 2012