Petunjuk Teknis Monitoring Evaluasi dan MIS Program PAMSIMAS

Penerbit:Jakarta, Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Depdagri, 2009, 90 hal
Tahun Terbit:Th. 2009
No. Klasifikasi:623.854 DIR p
Kata Kunci:petunjuk, juktis, Pamsimas, monitoring & evaluasi, sistem informasi manajemen (SIM)
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Petunjuk

Program Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) adalah program nyata pemerintah pusat dan daerah yang bertujuan untuk meningkatkan penyediaan air minum, sanitasi, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam menurunkan angka penyakit diare dan penyakit lain yang ditularkan melalui air dan lingkungan.
 
Mengingat cakupan wilayah kelurahan/ desa dalam program Pamsimas, maka diperlukan juga sebuah sistem informasi yang terintegrasi agar pelaksanaan dan kinerja keberhasilan Pamsimas dapat dengan mudah dipantau dan dievaluasi. Sistem Informasi Manajemen (SIM) menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari mekanisme pemantauan dan evaluasi Pamsimas. Selanjutnya keberadaan SIM Pamsimas berfungsi sebagai katalisator dalam mengintegrasikan proses pengelolaan data dan informasi antar para pemangku kepentingan yang terpadu.
 
Buku petunjuk teknis ini ditujukan sebagai pedoman pelaksanaan atau Prosedur Operasi Baku (Standar Operation Procedures) yang berfungsi sebagai panduan pemantauan, evaluasi dan pelaporan Program Pamsimas kepada para pelaku program, termasuk di dalamnya pemerintah, konsultan, fasilitator, dan kelompok masyarakat. Buku petunjuk teknis ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari berbagai pedoman dan buku petunjuk teknis Pamsimas dan secara khusus di dalam MIS (Sistem Informasi Manajemen) berfungsi sebagai panduan data dan informasi untuk mendukung kegiatan pemantauan, evaluasi dan pelaporan untuk semua kegiatan program Pamsimas.

Daftar Isi:

Daftar Isi
Daftar Singkatan
Daftar Gambar
Daftar Lampiran

Bab I. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Tujuan

Bab II. Pemantauan dan Evaluasi
2.1 Pengertian
2.2 Tujuan Pemantauan
2.3 Prinsip-prinsip Pemantauan
2.4 Siapa yang Bertanggung jawab terhadap Pemantauan
2.5 Jenis-jenis Pemantauan
2.6 Apa yang Perlu Dipantau
2.7 Pendekatan dan Jenis Kegiatan Pemantauan Pamsimas
2.8 Jenis Kegiatan Evaluasi

Bab III. Pelaporan
3.1 Pengertian
3.2 Alur Pelaporan
3.3 Mekanisme Pelaporan

Bab IV. Sistem Informasi Manajemen PAMSIMAS
4.1 Pengertian
4.2 Pengelolaan MIS Pamsimas

Bab V. Penutup



Post Date : 24 November 2009