Petunjuk Teknis Operasional Tingkat Desa Community Water Services and Health Project NAD - Nias/ Sumatra Utara

Penerbit:Jakarta, Ditjen Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan, Depkes RI,
No. Klasifikasi:352 DIR p
Kata Kunci:petunjuk teknis, manajemen, administrasi pemerintah daerah, juknis operasional desa, CWSHP, Nias-NAD
Lokasi:Direktorat Permukiman dan Perumahan, Bappenas
Kategori:Petunjuk

Proyek CWSH NAD-Nias/ Sumut merupakan salah satu program dan aksi nyata pemerintah (pusat dan daerah) dengan dukungan ADB, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam menurunkan angka penyakit diare dan penyakit lainnya yang ditularkan melalui air dan lingkungan. Ruang lingkup kegiatan Proyek CWSH NAD-Nias/ Sumut mencakup 5 komponen proyek yaitu: 1) Peningkatan Kapasitas Pemerintah Daerah; 2) Pemberdayaan Masyarakat untuk Keberlanjutan; 3) Pembangunan Sarana Fisik AMPL Berbasis Masyarakat; 4) Peningkatan Kesehatan Masyarakat melalui Promosi Perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat; dan 5) Dukungan Implementasi dan Koordinasi Proyek.

Buku Petunjuk Opearsional Tingkat Desa Proyek CWSH NAD-Nias/ Sumut. Buku Petunjuk ini diharapkan dapat menjadi acuan yang memberi arahan bagi seluruh pelaksana proyek di tingkat desa dan berbagai pihak terkait agar bertindak secara sistematis dalam mencapai tujuan dan sasaran proyek dengan tepat, efektif, dan efisien.

Daftar Isi:

Bab I. Pendahuluan
1. Latar Belakang
2. Tujuan dan Sasaran Proyek
3. Prinsip-Prinsip Proyek
4. Komponen Proyek

Bab II. Proses Pemilihan Desa
1. Road Show
2. Penyataan Minat Masyarakat
3. pemilihan Desa sebagai Daerah Kerja Proyek CWSH NAD-Nias/ Sumut

Bab III. Struktur Organisasi dan Tim Kerja Masyarakat
1. Tingkat Kecamatan
2. Tingkat Desa

Bab IV. Pilihan Komponen Kegiatan (Facilitating Inform Choice)
1. Pemberdayaan Masyarakat untuk Keberlanjutan
2. Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui PHBS
3. Pembangunan Sarana Fisik Berbasis Masyarakat

Bab V. Rencana Kerja Masyarakat
1. Proses Perencanaan
2. Dokumen Rencana Kerja Masyarakat
3. Tim Evaluasi RKM
4. Proses Pengajuan Evaluasi dan Persetujuan RKM
5. Proses Revisi Rencana Kerja Masyarakat (RKM)
6. Standar Servis Evaluasi RKM
7. Penyusunan dan Pelaksanaan SPPB

Bab VI. Pelaksanaan Tingkat Desa
1. Persiapan Pelaksanaan
2. Proses Pelaksanaan
3. Pencairan Dana dan Pertanggungjawaban Keuangan TKM
4. Pengendalian Kualitas Pelaksanaan
5. Pertanggungjawaban
6. Serah Terima Aset

Bab VII. Operasional dan Pemeliharaan
1. Organisasi Operasional dan Pemeliharaan
2. Aturan Organisasi
3. Pilihan/ Opsi Organisasi Operasional dan Pemeliharaan
4. Pendanaan
5. Kesinambungan Program Kesehatan dan Sanitasi

Bab VIII. Monitoring dan Evaluasi
1. Ruang Lingkup Monitoring dan Evaluasi
2. Mekanisme Monitoring dan Evaluasi
3. Pelaksanaan Monitoring
4. Pelaksanaan Evaluasi
5. Sistem Informasi Manajemen
6. Papan Informasi

 



Post Date : 03 Maret 2010