Petunjuk Teknis Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) dan Replikasi

Pengarang:Danny Sutjiono (kata pengantar)
Penerbit:Jakarta: Pamsimas, 2011, iv, 31 hal + diagram + tabel, 30 cm
Tahun Terbit:2011
No. Klasifikasi:623.854 PET
Kata Kunci:Petunjuk, Pamsimas, Masyarakat, AMPL, Rencana Aksi Daerah (RAD)
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Petunjuk

Rencana Aksi Daerah bidang air minum dan penyehatan lingkungan (AMPL) memuat permasalahan dan isu strategis, tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, program dan kegiatan prioritas serta indikasi kebutuhan investasi dalam penyediaan layanan AMPL baik yang berbasis lembaga maupun masyarakat, dalam rangka mendukung percepatan pencapaian target MDGs.

Proses penyusunan RAD AMPL  dilakukan dengan melalui pendekatan partisipastif dan menyeimbangkan antara usulan dari bawah ke atas dan kebijakan nasional dan daerah, dengan mengikuti jadwal proses perencanaan di kabupaten/kota

Replikasi Program Pamsimas merupakan salah satu hal yang disepakai yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah ketika menerima Program Pamsimas.
Sasaran utama replikasi program Pamsimas adalah masyarakat miskin perdesaan dan pinggiran kota yang masih belum mempunyai akses terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dan memiliki prevalensi penyakit terkait air tinggi, di luar desa/kelurahan yang telah memperoleh Pamsimas.
Pemerintah daerah berkewajiban untuk mulai melaksanakan replikasi di tahun ketiga program pada saat desa/kelurahan sasaran sudah melebihi 10 desa/kelurahan per kabupaten.



Post Date : 03 Januari 2012