PLTA Singkarak Berfungsi Optimal

Sumber:Kompas - 28 Oktober 2004
Kategori:Drainase
Palembang, Kompas - Meningkatnya debit air yang masuk ke Danau Singkarak, Sumatera Barat, akibat hujan deras selama seminggu terakhir, berdampak pada mulai optimalnya fungsi Pembangkit Listrik Tenaga Air Singkarak di Koto Panjang.

Menurut Manajer PT Perusahaan Listrik Negara Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu Harry Jaya Pahlawan, Rabu (27/10), mulai optimalnya fungsi PLTA Singkarak membuat pasokan listrik meningkat. Dengan demikian, Sumsel pun tidak perlu lagi mengalami pemadaman listrik bergilir.

Selama ini Palembang dan kabupaten lain di Sumsel sering mengalami beberapa kali pemadaman listrik, terutama pada saat beban puncak petang hari. Pemadaman secara bergilir terjadi karena Sumsel mengalami kekurangan daya sekitar 80 megawatt.

Kebutuhan tersebut sebenarnya sudah dipenuhi PLTA Borang yang menghasilkan 100 megawatt. Namun, karena Sumsel terikat dengan jaringan interkoneksi Sumatera, maka pasokan listrik harus dibagi dengan daerah lain.

Sementara itu, Sumatera Barat mengalami penurunan pasokan listrik akibat tidak optimalnya fungsi PLTA Singkarak yang biasanya mampu menghasilkan 175 megawatt karena debit air dari danau itu menurun selama musim kemarau. Kondisi itu membuat Sumsel kembali kekurangan daya karena harus menyuplai sebagian pasokan listrik ke Sumbar.

Selama musim kemarau kekurangan air di Danau Singkarak dan sungai yang menjadi sumber air bagi PLTA seharusnya dapat dihindari jika pemerintah daerah dan masyarakat menjaga kelestarian hutan yang menjadi sumber air. Tanpa menjaga kelestarian hutan, pasokan listrik akan terganggu setiap musim kemarau. (ECA)

Post Date : 28 Oktober 2004