Pola Penggunaan Cartridge Tinta Printer dan Potensi Daur Ulangnya di Kota Bandung

Pengarang:Yeni Rahmawati
Penerbit:Bandung, Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil & Lingkungan, Institut Teknologi Bandung (ITB), 2009
Tahun Terbit:Th. 2009
No. Klasifikasi:631.875 RAH p
Kata Kunci:paper, daur ulang – sampah B3, seminar pengelolaan limbah padat – teknologi, TL ITB
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Pedoman/Panduan

Pengelolaan sampah perkotaan meliputi fungsi pengumpulan, pengangkutan, pengolahan, daur ulang, pemanfaatan, dan pembuangan. Peningkatan jumlah kebutuhan masyarakat kalangan institusi, baik institusi pendidikan ataupun institusi pemerintah/swasta dalam hal pencetakan hasil penelitian, tugas kantor dan administrasi lainnya mengakibatkan peningkatan produksi tinta, khususnya tinta printer (cartridge).
  
Produksi dan penggunaan cartridge tinta printer setiap tahun selalu mengalami peningkatan. Hal ini akan menyebabkan kesulitan dalam mengolah kembali cartridge yang tidak terpakai lagi agar tidak mencemari lingkungan.
  
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola penggunaan cartridge tinta printer di Bandung melalui observasi langsung di lapangan, wawancara, dan penyebaran kuesioner ke distributor dan toko-toko penjual cartridge, konsumen cartridge (rumah tangga), dan pelaku daur ulang untuk mengetahui pula  potensi daur ulang cartridge di Bandung.

Resume dari paper ini terdapat di ”Resume Seminar Tugas Akhir Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, ITB, 18 Agustus 2009“
 



Post Date : 20 Agustus 2009