Polder Kali Banger Jadi Percontohan

Sumber:Suara Merdeka - 18 Desember 2007
Kategori:Drainase
SEMARANG- Drainase Kali Banger di Semarang Timur dikembangkan sebagai proyek percontohan polder penanganan banjir. Untuk melaksanakannya, Pemkot Semarang menggandeng tim dari Belanda untuk membangun sistem polder berbasis partisipasi masyarakat.

Koordinator Tim Desain Teknis Polder Banger, Herman Mondeel mengatakan, banjir telah menjadi masalah akut yang harus ditangani. Keterlibatan masyarakat perlu dikedepankan mengingat mereka lebih mengetahui persoalan yang ada di lingkungannya. Partisipasi tersebut berangkat dari skala RT, RW, hingga kelurahan.

''Untuk mempermudah membangkitkan partisipasi masyarakat nanti dibentuk polder authority. Selain Pemkot, ada keterlibatan warga di sepanjang sungai, termasuk pemilik toko dan usaha dalam penyusunan desain,'' katanya Senin (17/12).

Sistem polder Kali Banger ini terdiri atas pembangunan tanggul penahan di sekeliling permukiman, dengan dilengkapi pengaturan jalan keluar-masuknya air yang buka-tutup, stasiun pompa dan kolam retensi.

Polder authority beranggotakan 30 orang, termasuk warga setempat, sebagai upaya pendekatan integratif. Ia menyebutkan penurunan kualitas lingkungan Kali Banger disebabkan penurunan tanah, berkurangnya daerah hijau, dan kepedulian masyarakat rendah. Bila tidak ada upaya antisipasi bukan tidak mungkin perkiraan 20 tahun ke depan kerusakan lingkungan Kali Banger semakin parah dan area penurunan tanah semakin meluas.

Saat ini banjir telah memberikan dampak kerugian, baik warga maupun Pemkot. Dibutuhkan solusi berkelanjutan, efektif, melibatkan semua stakeholders, serta pengelolaan yang transparan.

Sistem polder tertutup nantinya tidak hanya dilengkapi dengan pembangunan tanggul, pompa dan kolam retensi. Perbaikan sanitasi juga harus dilakukan yang juga mencakup pengelolaan sampah.

Herman membandingkan pengalaman di Belanda, badan pengelolaan air berbasis partisipasi masyarakat bisa bertahan hingga lebih 700 tahun. (H22,H9-41)



Post Date : 18 Desember 2007