Pramuka Membantu Instalasi Air Bersih di Aceh

Sumber:Koran Tempo - 10 Maret 2005
Kategori:Aceh
Banda Aceh: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka membangun sarana dan prasarana air bersihdi sejumlah tempat di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Rabu (9/3), Pramuka Peduli memasang instalasi air bersih sederhana dengan prinsip teknologi tepat guna di Desa Kandang dan Desa Lam Ateuk, Aceh Besar. Sehari sebelumnya, relawan pramuka memasang instalasi itu di Mesjid Al-Huda, Kampung Laksana dan Pesantren Inshafuddin, Lampriet.

Untuk alat instalasi itu, Gerakan Pramuka dibantu oleh Exxon Mobil. Sebelum dimulai pemasangandilakukan pelatihan kepada anggota pramuka penegak dan masyarakat umum. Pelatihan selama dua hari itu diadakan di gedung Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Nanggroe Aceh Darussalam. Pelatihan itu sendiri dibuka Wakil Ketua Kwarnas Parni Hadi, yang bertindak sebagai Ketua Satuan Tugas Pramuka Peduli. "Kami ingin menunjukkan bahwa Pramuka tetap eksis dan melakukan apa saja demi kemaslahatan ummat," ujar Parni.

Bertindak sebagai instruktur pelatihan adalah Muhammad Yusri Nasution (Pembantu Andalan Nasional dan pengurus Yayasan Kirai. Sedangkan koordinator Satgas Pramuka Peduli untuk program air bersih ini adalah Dian Yahya, Andalan Nasional. Jumlah paket yang telah dipersiapkan sebanyak 50 unit instalasi yang akan disebar di Banda Aceh, Aceh Besar, dan Aceh Utara.(wd)



Post Date : 10 Maret 2005