Press Release Tahun Sanitasi Internasional Tingkat Provinsi NTB 2008

Kategori:Siaran Pers

Saat ini hampir 2,8 milyar penduduk dunia hidup tanpa sanitasi dasar yang memadai. Di NTB kondisinya hampir sama, sebanyak 42,52 % (2007) penduduk NTB tidak memiliki akses terhadap sarana sanitasi dasar yang layak. Tentu hal ini akan mengancam kesehatan manusia, kelangsungan hidup anak, produktifitas kerja, polusi dll. Jeleknya sanitasi ini merupakan salah satu tantangan terbesar dunia saat ini.

Sesuai sasaran MDGs (Milllenium Development Goals), dari 8 goal yang ditetapkan, satu diantaranya adalah menjamin pembangunan lingkungan berkelanjutan (goal ke-7), maka ditetapkan target bahwa pada tahun 2015 akan dikurangi hingga separuhnya jumlah penduduk yang tidak memiliki akses terhadap air minum dan sanitasi dasar yang layak. Untuk NTB, diharapkan pada 7 tahun ke depan, sekitar 3 juta jiwa terlayani sarana sanitasi dasar yang layak, dan sekitar 3,5 jiwa mendapatkan air minum / air bersih. Tentu saja hal ini merupakan kerja berat dari semua pihak dan memerlukan langkah-langkah strategis untuk mewujudkannya.

Hasil evaluasi UNDP mengungkapkan, target MDGs ke-7 sulit dicapai tahun 2015, dan diperkirakan akan tercapai pada 2026. Karena itu, untuk mengawal agar pencapaian target MDGs ini berada pada jalur yang benar, Sidang Umum PBB menetapkan tahun 2008 sebagai Tahun Sanitasi Internasional (International Year of Sanitastion).
 

Untuk lebih lengkapnya, lihat di bagian PDF.



Post Date : 11 September 2008