Prosiding Lokakarya Rencana Seleksi Kabupaten Program Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat Tahun 2006-2010, Jakarta 8 -9 Agustus 2007

Penerbit:Jakarta, Bappenas - Unicef, Agustus 2007, iv + 69 hal
Tahun Terbit:2007
No. Klasifikasi:623.854 BAD p
Kata Kunci:prosiding, AMPL, sanitasi berbasis masyarakat
Lokasi:perpustakaan AMPL
Kategori:Prosiding
Pentingnya pembangunan air minum dan penyehatan lingkungan yang disebabkan oleh rendahnya cakupan AMPL selama ini mengakibatkan dampak pada menurunnya tingkat kesehatan serta produktivitas kerja masyarakat. Beberapa program tanpa subsidi pemerintah sudah berjalan, seperti CLTS (Community Led Total Sanitation). Pada saat ini telah disepakati bahwa Unicef akan turut berpartisipasi dalam implementasi CLTS di Indonesia dengan sumber dana hibah dari negara Belanda dan Swedia.

Maksud dan tujuan diselenggarakan lokakarya ini adalah untuk memberikan penjelasan umum mengenai konsep program air minum dan penyehatan lingkungan berbasis masyarakat yang didukung oleh Unicef kepada pemerintah provinsi, sehingga Pemerintah Pusat dan Provinsi dapat menyusun kriteria seleksi kabupaten dan menghasilkan daftar (longlist) calon kabupaten penerima bantuan.

Lokakarya diselenggarakan tanggal 8 – 9 Agustus 2007 di ruang Singkarak Maninjau Hotel Ibis, Jakarta Pusat. Dimulai dengan sambutan pembukaan dari Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas, dilanjutkan dengan penjelasan kerangka kerjasama Pemerintah Indonesia - Unicef tahun 2006-2010. Kemudian disambung dengan presentasi materi Pembangunan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat oleh Basah Hernowo, Kebijakan Nasional Pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat oleh Oswar Mungkasa, Program Penyediaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Kerjasama RI-Unicef oleh Hening Darpito dan Douglas Booth, dan Petunjuk Pelaksanaan Rencana Seleksi Kabupaten Program Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Thaun 2007 – 2010 oleh Gustomi. Serta terakhir dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan sesi diskusi.

Output dari lokakarya adalah tersusunnya kriteria seleksi untuk kabupaten yang akan menerima program, daftar calon (longlist) kabupaten yang akan menerima program, dan rencana kerja untuk roadshow di propinsi terpilih.

Daftar isi:

Halaman judul
Daftar isi
Kata Pengantar
Sambutan Lokakarya Direktur Permukiman dan Perumahan, Bappenas
Bab IPendahuluan
Bab II Proses Lokakarya
Bab IIIHasil Lokakarya
Lampiran 1Data Informasi Persentase, Perankingan Kabupaten Versi BPS (Susenas)
Lampiran 2Data Informasi Persentase, Perankingan Kabupaten Versi Propinsi
Lampiran 3Data Calon Kabupaten Penerima Bantuan
Lampiran 4Materi Presentasi
Lampiran 5Sesi Tanya Jawab
Lampiran 6Hasil Diskusi Kelompok A dan Kelompok B
Lampiran 7Nama dan Alamat Pembicara
Lampiran 8Daftar Hadir Peserta


Post Date : 04 September 2007