PT AI Sebar Tempat Sampah

Sumber:Banjarmasin Post - 09 Juni 2005
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 6 Juni lalu, PT Arutmin Indonesia (AI) Tambang Batulicin dan sub-kontraktornya, PT Cipta Kridatama (CK), membagi-bagikan 71 tempat sampah ke sejumlah perkantoran, pasar dan sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Pembagian tempat sampah ini secara simbolis diterima langsung Penjabat Kabupaten Tanbu, Drs Sukardhi dalam upacara peringatan Harling Hidup di halaman kantor bersama Pemkab Tanbu, Senin (6/6).Untuk pembagian bantuan tempat-tempat sampah ini, selanjutnya akan dikordinir oleh Dinas Kehutanan dan Lingkunganm, sedang pendistribusiannya dikelola langsung Dinas Pengelola Pasar dan Kebersihan Tanbu.

Sukardhi dalam sambutannya mengatakan, menerima baik semua kegiatan yang direncanakan PT AI, guna menciptakan lingkungan daerah Tanah Bumbu menjadi bersih dan hijau.

Hal serupa juga diutarakan Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Tanah Bumbu, Ir Bambang Aprilyuwono MP melalui Kepala Bidang Pengawasan Pengendalian dan Pencegahan Dampak Lingkungan, Ir Mariani MP.

Menurutnya, bantuan tempat sampah berikut 500 bibit kelapa dari CV Putra Kusan itu, masyarakat sekitar dan para pengusaha bisa turut berpartisipasi dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Diakuinya, bantuan yang diterima ini merupakan lanjutan dari kegiatan penghijauan yang dilakukan pada awal Mei 2005 lalu, saat PT AI-Tambang Batulicin, PT Kodeco, PT Tunggal Kalimantan Borneo Indobara dan PT AI-Tambang Satui, memberikan bantuan sebanyak 1.000 palm, akasia dan pelesium untuk ditanam di kawasan Pusat Perkantoran Jalan Gunung Tinggi.

Lebih lanjut, kata Mariani, untuk 2005 ini pihaknya juga akan melakukan penghijauan kota sepanjang 3 Km, untuk 3 kecamatan yaitu Pagatan, Batulicin dan Satui.

Sementara dari pihak PT AI-Tambang Batulicin, M Yusuf Noor menjelaskan, pemberian bantuan tempat-tempat sampah ini merupakan salah satu program mereka, untuk menciptakan kebersamaan dalam menjadikan Kota Batulicin sebagai bumi yang bersih dan hijau.

Dijelaskan, selain adanya program pemberian bantuan tempat sampah ini, pada 1-28 Juni akan dilakukan melakukan serangkaian kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun ini, yaitu lomba poster dengan tema "Lingkunganku Bersih dan Hijau" yang akan diperuntukan bagi siswa-siswi SLTP/SLTA se-Kabupaten Tanah Bumbu. m8

Post Date : 09 Juni 2005