PT Godangtua Pengelola Baru TPA Bantar Gebang

Sumber:Suara Pembaruan - 14 November 2008
Kategori:Sampah Jakarta

[JAKARTA] PT Godangtua Jaya (PT GJ) diusulkan sebagai pemenang tender lelang investasi pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang untuk 15 tahun ke depan. Pemenang tender akan ditetapkan melalui surat keterangan (SK) gubernur DKI Jakarta beberapa hari mendatang. 

Usulan pemenang tender pengelolaan TPA Bantar Gebang, PT GJ dibenarkan Kepala Dinas Kebersihan DKI Eko Bahruna kepada SP Jumat (14/11) pagi. Hanya saja , kata Eko, pihaknya belum bisa mengumumkan pemenang sebelum SK Gubernur ditandatangani.

Beberapa waktu lalu, tim gabungan dari Bappenas, BPPT, Dinas PU, dan para pakar sampah dari perguruan tinggi telah memilih tiga konsorsium perusahaan yang bersaing ketat untuk mengelola TPA Bantar Gebang. Tiga perusahan itu merupakan gabungan antara perusahaan lokal dan asing.

Perusahaan pertama, PT GJ bekerja sama dengan tiga perusahaan dari Inggris, yakni PT Navigate Organic Energy Indonesia (Agro Manunggal Grup), Sindicatum Carbon Capital, dan Organic International Ltd. Kedua, PT Total Strategic Investment bekerja sama dengan PT Rangky International asal India. Ketiga, PT Patriot Bangkit Bekasi yang bekerjasama dengan Sembawang Corporation asal Singapura.

Sebagaimana diketahui, total investasi pembangunan pengelolaan sampah TPA Bantar Gebang sebesar Rp 900 miliar dengan kontrak kerja hingga 15 tahun. Pemenang tender juga akan menanggung biaya pembebasan sisa lahan di Bantar Gebang seluas 2,3 hektare yang belum dibebaskan.

Direktur PT GJ, Rekson Sitorus kepada SP Jumat pagi menjelaskan, belum menerima informasi sebagai pemenang. "Kami akan mengelola TPA Bantar Gebang secara modern dan ramah lingkungan," katanya. [HTS/Y-4]



Post Date : 14 November 2008