Puluhan Rumah di Cijeruk Terendam

Sumber:Koran Sindo - 25 Nopember 2011
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
BANDUNG BARAT – Hujan deras yang turun sepanjang Rabu (23/11) di Kampung Cijeruk, Lembang mengakibatkan sekitar 30 rumah di Kampung Cijeruk tergenang banjir setinggi lutut.
 
 
Selain itu, jalan di sekitarnya juga tertutup material tanah akibat air kiriman dari Desa Pagerwangi.“Air yang menggenangi rumah warga adalah air yang juga mengakibatkan tanah longsor yang merusak rumah almarhum Ibu Yati,karena kontur tanah di sini semakin ke bawah semakin menurun,”ujar Ketua RW 08 Kampung Cijeruk Maksudi di Lembang,kemarin. 
 
Menurut dia, peristiwa banjir ini adalah yang pertama kali terjadi.Namun karena semakin banyak pembangunan dan rumah warga yang dibuat di pinggir jalan, sehingga di lokasi itu tidak ada saluran air.Air hujan selalu dibuang ke jalan.Padahal dulu,lahan di sekitar Kampung Cijeruk adalah kebun sehingga serapan air sangat bagus. 
 
Ketua RT 05/08 Otang Kartiwan, 47,membenarkan sistem drainase yang buruk membuat air hujan mengalir bebas di badan jalan yang menghubungkan Desa Pasirwangi dan Lembang. 
 
Camat Lembang Hendra Trismayadi mengatakan,banjir dan longsor di Kampung Cijeruk akibat dibangunnya benteng penahan longsor di pinggir Jalan Pagerwangi yang posisinya jauh di atas kampung. adi haryanto


Post Date : 25 November 2011