Puluhan Rumah Warga Desa Rambung Terendam Banjir

Sumber:Koran Sindo - 21 April 2011
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

SIMALUNGUN – Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Simalungun mengakibatkan banjir dan merendam puluhan rumah warga di Desa Rambung Merah, Kecamatan Siantar,Kabupaten Simalungun, Selasa (19/4) malam.

Kepala Desa Rambung Merah Martua Simarmata mengatakan, hujan yang terjadi kemarin malam selama hampir 4 jam menyebabkan air meluap dari saluran drainase dan parit sekitar permukiman penduduk. Air kemudian menggenangi rumah warga desa setempat hingga ketinggian sekitar 40 centimeter. “Banjir yang melanda permukiman penduduk Desa Rambung Merah disebabkan tidak berfungsinya dengan baik saluran drainase dan parit di sekitar tempat tinggal warga.

Akibatnya,saat hujan deras terjadi selama sekitar 4 jam,air meluap dan menggenangi sekitar 34 rumah warga,” papar Martua kemarin. Dia menambahkan, bencana banjir yang melanda permukiman penduduk di Desa Rambung Merah tidak menimbulkan korban jiwa. Sementara, kerugian materi yang dialami warga karena rumahnya terkena banjir belum dapat dipastikan.

Martua berharap, pemerintah daerah memberikan perhatian serius untuk membantu membenahi saluran drainase dan parit di sekitar Desa Rambung Merah yang sudah tidak berfungsi. Sebab, jika tidak segera ditangani,permukiman penduduk dikhawatirkan kembali tergenang banjir jika hujan deras. Sementara itu,kemarin,Pelaksana Harian (Plh) Bupati Simalungun Nuriaty Damanik didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Ismail Ginting meninjau lokasi banjir dan menyerahkan bantuan bagi korban banjir.

Nuriaty mengatakan, Pemkab Simalungun akan berupaya secepatnya menangani kerusakan saluran drainase dan parit di Desa Rambung Merah. Namun, dia juga mengharapkan warga turut memberikan perhatian untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, dengan aktif melakukan gotong royong membersihkan parit dan saluran drainase.

Camat Siantar Marto Silalahi menyampaikan terima kasih atas kepedulian pemerintah daerah yang cepat tanggap dengan meninjau langsung ke lokasi banjir dan memberikan bantuan pada warga Desa Rambung merah yang rumahnya dilanda banjir.“Semoga bantuan pemerintah daerah dapat meringankan beban penderitaan warga,”tandasnya. ricky hutapea



Post Date : 21 April 2011