Ratusan Rumah di Bekasi Terendam

Sumber:Suara Pembaruan - 01 November 2007
Kategori:Banjir di Jakarta
[BEKASI] Sekitar 400 rumah warga di perumahan dosen IKIP, Kelurahan Jati Makmur, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat, terendam banjir setinggi 50 sentimeter, menyusul hujan deras sejak pukul 15.00 sampai 19.10 WIB, Rabu (31/10).

Pantauan hingga pukul 22.00 WIB, sejumlah warga terpaksa pindah ke rumah tetangga maupun saudara yang aman dari banjir tersebut. Warga yang terkena banjir tampak sibuk mengamankan perabotan rumah tangga ke tempat yang lebih tinggi agar tidak rusak oleh air.

Banjir juga melanda sejumlah ruas jalan di Kota Bekasi. seperti Jalan Raya Kalimalang dan Jalan Raya Pekayon. Akibatnya, timbul ke- macetan arus lalu lintas. Menurut warga, luapan air itu berasal dari anak Kali Sunter yang persis bersebelahan dengan kompleks perumahan. Salah seorang warga yang ditemui, Jatmiko, menuturkan perumahan itu sudah menjadi langganan banjir saat musim hujan tiba. "Air telah menggenangi permukiman setinggi setengah meter. Ketinggian air di dalam rumah telah mencapai sekitar 30 sentimeter," ujar Jatmiko.

Ia menyebutkan, warga telah berusaha membuat tanggul pembatas di pinggir kali. Namun, sebelum tanggul tersebut selesai dibuat, banjir sudah datang. "Saya berharap Pemkot Bekasi segera membangun tanggul pembatas permanen agar warga tidak ketakutan saat hujan tiba. Setiap hujan deras datang rumah-rumah warga selalu terendam banjir," katanya.

Kepala Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan Drainase Dinas Pekerjaan Umum Kota Bekasi, Effendy Arif mengatakan banjir yang melanda warga perumahan itu terjadi karena kompleks tersebut berada di dataran rendah. [HTS/A-16]



Post Date : 01 November 2007