Ratusan Rumah di Kalijeruk Terendam Banjir

Sumber:Suara Merdeka - 06 Maret 2012
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
TEGAL - Hujan lebat yang mengguyur selama beberapa jam menyebabkan sejumlah wilayah di Kota Tegal ­terendam banjir. Lebih dari 100 rumah warga antara lain di Kelurahan Kraton, Kelurahan Tegalsari dan Kelurahan Debong Kulon tergenang banjir. Selain itu banjir juga menggenangi halaman sekolah, seperti SMP 6, SD Mintaragen 2 dan 6.  
 
Warga Kelurahan Kraton, Molo (45), Senin (5/3) mengatakan, banjir terjadi karena drainase meluap tidak mampu menampung air hujan. Sejumlah rumah warga yang berada di sekitar Jalan Nanas dan kompleks perumahan Baruna Asri kemasukan air.
 
“Sampai saat ini masih ada rumah warga yang kebanjiran dan Jalan Nanas masih tergenang dengan kedalaman air mencapai 40 cm,” katanya.
 
Hal serupa juga disampaikan warga Perumahan Baruna Asri, Danang (40). Menurut dia, akibat rumah tergenang air banyak warga yang aktivitasnya terhambat. Mereka juga harus membersihkan lantai rumah karena sebelumnya tergenang banjir.  “Kami berharap Pemkot segera melakukan penanganan, sehingga masalah banjir bisa teratasi,” ujarnya.  
 
Normalisasi Saluran
 
Sementara itu warga Kelurahan Debong Kulon, Jilah (50) mengatakan, saat terjadi hujan lebat air menggenangi sejumlah rumah warga dan Jalan Metro. Bahkan, ketinggian air di jalan mencapai lebih dari 30 cm.  “Kami meminta agar ada peninggian jalan dan normalisasi saluran,” katanya.
 
Anggota Komisi III DPRD, Abdullah Sungkar SE ST mengatakan, dalam upaya penanganan banjir Pemkot harus melakukan kajian. Hal itu dimaksudkan agar penangan tidak hanya sebatas mengalihkan banjir ke wilayah lain.
 
“Kami berharap Pemkot selain melakukan pengerukan saluran air juga segera mendata wilayah mana saja yang rawan banjir dan dila­kukan kajian, sehingga penanganan banjir lebih efektif,” katanya.
 
Menanggapi masalah tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Ir Gito Mursriyono mengatakan, untuk kajian sedang dilaksanakan dan tinggal menunggu hasilnya.
 
Rencananya, untuk menanganni banjir di Jalan Metro Kelurahan Debong Kulon tahun ini akan dilakukan peninggian jalan, termasuk di Jalan Nanas. Sedangkan untuk halaman SMP 6, SD Min­taragen 2 dan 6 juga akan ditinggikan di atas permukaan air. (H17-48)


Post Date : 06 Maret 2012