Ratusan Rumah di Tanjungsari Terendam

Sumber:Koran Sindo - 14 Nopember 2011
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
BANDUNG–Ratusan rumah di Kampung Cireungit, Desa Tanjungsari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung terendam hingga 1 meter.
 
Peristiwa itu dipicu oleh hujan deras dan luapan Sungai Cisangkuy pada Sabtu ( 12/11).Banjir ini juga merendam puluhan rumah di Kampung Sodong hingga Kampung Rancatungku, Kecamatan Pameungpeuk. Salah seorang warga Kampung Cireungit,Solihin,55,mengungkapkan banjir yang terjadi merupakan kiriman dari arah Ciwidey yang selalu datang setiap hujan deras di wilayah Kecamatan Cangkuang, Banjaran, maupun Pangalengan atau jika hujan deras di kawasan Gunung Wayang, perbatasan antara Kecamatan Kertasari-Pangalengan. 
 
“Hujan pada Sabtu siang sampai malam membuat permukaan air Sungai Cisangkuy meluap yang menggenangi kampungkampung di sepanjang aliran Sungai Cisangkuy dari Kecamatan Cangkuang sampai Kecamatan Pameungpeuk,” ungkap Solihin di Bandung, kemarin. Dia menuturkan, banjir mulai surut sejak kemarin pagi sehingga warga sudah bisa membersihkan lumpur yang sisa banjir. Hampir seminggu ini, Kampung Cirengit selalu dilanda banjir,namun hanya berlangsung beberapa jam kemudian kembali surut.
 
“Meski cepat surut, tapi saya dan keluarga harus mengungsi ke lantai dua karena banjir bisa mencapai satu meter,”ucapnya. Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Bandung Asep Anwar Mahpudin yang rumahnya di Kampung Cirengit, juga merasakan dampak banjir tersebut.“ Sungai Cisangkuy sudah dangkal sehingga kalau hujan langsung banjir. 
 
Pemerintah harus segera melakukan normalisasi dan pelurusan alur Sungai Cisangkuy. Sebab saat ini alur sungai berkelok-kelok sehingga aliran air tak lancar,” ungkap Asep. Jika di wilayah Kecamatan Pangalengan hujan lebat, Sungai Cisangkuy meluap dan menimbulkan banjir di Cangkuang dan Banjaran. iwa ahmad sugriwa


Post Date : 14 November 2011