Ratusan Rumah Terendam Banjir

Sumber:Koran Sindo - 27 Maret 2012
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
MAJALENGKA– Ratusan rumah di Desa/Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka terendam banjir. Hingga siang kemarin, air masih menggenangi rumah warga akibat hujan lebat yang terjadi pada Minggu (25/3) malam lalu.
 
Berdasarkan data, sedikitnya 164 rumah warga yang berada di empat blok di Kecamatan Kertajati terendam. Kepala Desa kertajati Mahpudin mengatakan ratusan rumah yang terendam itu berada di Blok Minggu; Senin; Selasa; dan Rabu. Dia menyebutkan, musibah tersebut akibat hujan deras yang mengguyur Desa Kertajati sejak beberapa hari terakhir.“ Puncaknya pada Minggu malam lalu. Air mulai masuk rumah warga pada dini hari,” kata dia. 
 
Dia menilai, selain hujan lebat,pendangkalan rawa yang berada di Desa Kertajati juga berpengaruh terhadap banjir yang melanda desanya itu. “Pendangkalan ini mengakibatkan air tidak tertampung dan mengakibatkan banjir,” tambah dia. Dia berharap, Pemerintah Kabupaten Majalengka bisa segera menormalisasi rawa untuk mengantisipasi banjir.Lokasi rawa itu, kata dia, berada sekitar 1 km dari pemukiman warga.Rawa tersebut berfungsi sebagai penampungan air. 
 
Genangan air yang merendam rumah warga ini diketahui sejak Senin dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Sartimah, seorang warga, mengaku jika banjir yang terjadi Senin dini hari itu merupakan banjir terbesar yang pernah terjadi di daerahnya. 
 
Menurut dia, air sempat setinggi 60 cm yang mengakibatkan sejumlah perabotan rumah miliknya ikut hanyut.“Airnya tinggi.Kursi dan perabotan lain terpaksa saya pindahin ke atas meja,” kata Sartimah kemarin. inin nastain


Post Date : 27 Maret 2012