Ratusan Rumah Tergenang

Sumber:Suara Merdeka - 11 Januari 2012
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
PEKALONGAN- Ratusan rumah di Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara tergenang banjir akibat meluapnya Sungai Loji, Senin (9/1) malam. Genangan banjir terparah di Gang 4 (Gang Umbul) RT 03 RW 06 Kelurahan Panjang Wetan. 
 
Banjir menggenangi jalan dan rumah warga dengan ketinggian antara 30 centimeter hingga 40 centimeter. Pardi (50) warga yang tinggal di RT 03 RW 06 mengatakan, hujan yang mengguyur Kota Pekalongan sejak sore hari itu menyebabkan Sungai Loji meluap. Akibatnya, ratusan rumah warga yang berada di tepi sungai terendam banjir. ''Air mulai naik dari wilayah selatan serta mulai masuk ke permukiman warga sekitar pukul 22.00,'' terang dia.
 
Subhan (40) menambahkan, kawasan tersebut sudah menjadi langganan banjir yang diakibatkan rob, namun banjir malam itu merupakan yang paling besar dibandingkan banjir sebelumnya. Hal tersebut terlihat dari ketinggian air yang masuk ke dalam rumah warga. 
 
Dari pantauan di lapangan, air terus naik ke permukiman warga. Penghalang air yang dipasang di bawah pintu rumah tidak berhasil menghalau laju air sehingga air masuk ke dalam rumah. ''Karena banjirnya sangat besar, air menerobos melalui samping rumah. Kalau sekadar air pasang, tidak akan sebesar ini,'' tutur Subhan. 
 
Siaga
 
Malam itu, sejumlah warga tampak berjaga-jaga di depan rumah mengantisipasi kemungkinan luapan Sungai Loji yang semakin besar. Sebagian warga memantau ketinggian air sembari membersihkan lantai rumah dari endapan lumpur yang terbawa air. ''Semakin banyak air yang masuk, semakin susah membersihkannya. Kalau sedikit-sedikit air yang masuk ke rumah segera dibersihkan, lumpur yang terbawa air tidak akan mengendap di lantai,'' terang Subhan (40).
 
Hal yang sama dilakukan Haryono (50). ''Berjaga-jaga kalau ketinggian air menyentuh almari. Jika tidak dijaga, pakaian yang ada di dalamnya akan basah,'' sambungnya. 
 
Warga berharap, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan segera membangun dinding di sisi kiri Sungai Loji. Tidak adanya dinding pada sisi kiri sungai itu diperkirakan menjadi penyebab air Sungai Loji meluap ke permukiman penduduk. 
 
Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Permukiman dan Tata Kota (DPUPTK), Muhammad Feizal menjelaskan, Pemkot Pekalongan akan mengatasi permasalahan banjir secara bertahap. Tahun ini, kata dia, Pemkot Pekalongan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp 4,9 miliar melalui Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Kinerja Pengelolaan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Dinas Cipta Karya  Provinsi Jawa Tengah untuk mengurangi dampak rob dan genangan air di Panjang Wetan.(K30-74)


Post Date : 11 Januari 2012