REDD Butuh Pemahaman dan Komitmen Bersama

Sumber:Kompas - 07 Januari 2008
Kategori:Climate
BOGOR, KOMPAS - Implementasi skema penurunan emisi melalui pencegahan deforestasi dan degradasi hutan (reducing emissions from deforestation and degradation/REDD) di Indonesia membutuhkan pemahaman menyeluruh serta komitmen dari setiap elemen masyarakat. Jika tidak, keputusan mengadopsi kebijakan yang mencuat saat Konferensi Perubahan Iklim di Bali Desember lalu itu justru berpotensi merugikan negara.

Kepala Laboratorium Klimatologi Departemen Geofisika dan Meteorologi Fakultas MIPA Institut Pertanian Bogor (IPB) Rizaldy Boer mengatakan, bila implementasi REDD masuk mekanisme ekonomi pasar, Indonesia harus mampu memenuhi target pengurangan emisi.

Jika gagal, pemerintah malah akan punya utang pada negara maju sesuai dengan perjanjian sebelumnya, papar Rizaldy, Sabtu (5/1) di Bogor. Karena itu, masyarakat, pemerintah daerah, pelaku industri, dan komponen lain perlu duduk bersama untuk menyatukan pandangan terkait perbaikan pengelolaan hutan yang sudah sangat mendesak.

Aktivis Forest Watch Indonesia, Putra Agung, menyatakan, pihak LSM belum menentukan sikap untuk menolak atau menerima penerapan REDD. Kendati demikian, ia dan kalangan LSM lain akan terus mengawal arah kebijakan REDD. (A05)



Post Date : 07 Januari 2008