Rencana Pembangunan Sanitasi Oleh Masyarakat/Sanimas II Untuk Pemukiman Padat di Lingkungan Kusuma Bangsa, Ds. Pemecutan Kaja, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar

Pengarang:Kelompok Swadaya Masyarakat/KSM Sanimas Kusuma Bangsa
Penerbit:Jakarta, Kelompok Swadaya Masyarakat/ KSM Kusuma Bangsa, Oktober 2004
Tahun Terbit:2003
No. Klasifikasi:363.72 KEL r
Kata Kunci:rencana pembangunan, sanimas, sanitasi, pemukiman padat, Denpasar
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Laporan
Kondisi umum dan permasalahan di lingkungan Kusuma Bangsa, terdapat 300 KK, sekitar 800 jiwa. Dari jumlah tersebut yang telah memiliki jamban sendiri sudah 80%. Untuk memenuhi kebutuhan sanitasi pada umumnya mereka menggunakan kamar mandi/WC di rumah-rumah, dibeberapa WC umum di lokasi kos-kosan/rumah sewa yang tidak memiliki fasilitas sanitasi, maupun di badan air terbuka.Mereka yang telah memiliki WC sendiri umumnya sudah menggunakan septik tank tetapi ada juga yang langsung menggunakan pemipaan sehingga air limbah langsung dibuang ke sungai/badan air terdekat tanpa pengolahan terlebih dulu sehingga limbahnya mencemari sungai.
Pada umumnya masyarakat mengunakan air bersih dari sumur dangkal dan sumur bor.

Dengan adanya Proposal Rencana Pembangunan Sanitasi Oleh Masyarakat/Sanimas Untuk Permukiman Padat di Lingkungan Kusuma Bangsa, Ds. Pemecutan Kaja, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, bertujuan agar dana yang telah dialokasikan, sebagaimana tercantum dalam nota kesepakatan antara SANIMAS dengan Pemerintah Kota Denpasar tentang pelaksanaan program SANIMAS untuk pembangunan sarana fisik sanitasi masyarakat, segera dicairkan. Yang pada akhirnya adalah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Post Date : 22 September 2006