Rencana Strategis Pembangunan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat (AMPL-BM) Kabupaten Rembang 2009-2014

Penerbit:Kabupaten Rembang, Tim Koordinasi AMPL Kabupaten Rembang – Pokja AMPL Kabupaten Rembang, 2008
Tahun Terbit:Th. 2008
No. Klasifikasi:363.61 TIM r
Kata Kunci:petunjuk, renstra AMPL-BM, Kabupaten Rembang, tahun 2009-2014
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113, Perpustakaan WASPOLA, Telp. Telp.021-3142046
Kategori:Petunjuk

Kondisi pelayanan air minum dan penyehatan lingkungan saat ini masih sangat kurang atau rendah baik dalam lingkup nasional maupun di kabupaten Rembang. Hal ini dikarenakan bidang air minum dan penyehatan lingkungan “belum menjadi prioritas” bagi pemerintah daerah. Hal ini tergambarkan pada alokasi dana yang sangat minim yaitu kurang dari 3% APBN/ APBD.
 
Tujuan penyusunan rencana strategis pembangunan AMPL-BM Kabupaten Rembang adalah memperkuat kemampuan Pemerintah Daerah untuk berfikir dan bertindak strategis dalam mengelola AMPL berbasis masyarakat. Sedangkan maksud dari penyusunan rencana strategis ini adalah agar Pemerintah Kabupaten Rembang mempunyai arah acuan secara strategis dalam melaksanakan pembangunan dan pengelolaan AMPL-BM.
 
Sistematika penulisan renstra AMPL-BM Kabupaten Rembang adalah 1) pendahuluan, yang berisi tentang penjelasan latar belakang, tujuan dan manfaat identifikasi pelaku, klarifikasi mandat serta metodologi penyusunan Rencana Strategis Pembangunan AMPL-BM Kabupaten Rembang, 2) Visi, Misi dan Nilai, berisi tentang perumusan visi, misi, dan nilai pembangunan AMPL-BM Kabupaten Rembang, 3) Diskripsi Kondisi Internal dan Eksternal, berisi tentang diskripsi analisa internal dan eksternal pembangunan AMPL-BM Kabupaten Rembang, 4) Strategi Pencapaian dan Pengukuran Kinerja, berisi tentang isu strategis, penyusunan strategi pembangunan AMPL-BM Kabupaten Rembang dan penetapan indikator kinerja, satuan rencana, realisasi, sumber pembuktian dan asumsi dalam Pembangunan AMPL-BM Kabupaten Rembang, serta 5) Penutup, merupakan uraian kesimpulan dan saran dalam pelaksanaan strategi daerah pembangunan AMPL-BM Kabupaten Rembang.

Daftar Isi:

Bab I. Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Tujuan dan Manfaat
C. Identitas Pelaku
D. Klarifikasi Mandat
E. Metodologi Penyusunan
F. Sistematika Penulisan

Bab II. Visi, Misi dan Nilai
A. Visi
B. Misi
C. Nilai

Bab III. Diskripsi Kondisi Internal dan Eksternal
A. Gambaran Umum
B. Persepsi Stakeholders Daerah pada Kondisi AMPL Saat Ini
C. Matriks Kondisi Internal dan Eksternal

Bab IV. Strategi Pencapaian dan Pencapaian Kinerja
A. Isu Strategis
B. Perumusan Kebijakan Strategis
C. Program Strategis
D. Program Kegiatan

Bab V. Penutup
A. Kesimpulan
B. Saran
 



Post Date : 15 Mei 2009