Renstra Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Kabupaten Sumedang

Penerbit:Kabupaten Sumedang, Pokja AMPL, 2010; 35 hal + tabel
Tahun Terbit:2010
No. Klasifikasi:363.72.598.2 REN
Kata Kunci:Sanitasi, Pembangunan Kesehatan, Pamsimas, Pokja AMPL
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Petunjuk

Saat ini kebutuhan sarana sanitasi dasar yang memenuhi syarat belum sepenuhnya terpecahkan.  Sarana air bersih, jamban keluarga, SPAL, rumah sehat masih belum memenuhi target.  Disisi lain sepuluh besar pola penyakit yang ada masih didominasi oleh penyakit menular yang diakibatkan faktor lingkungan.

Berbagai upaya telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dalam upaya pengendalian maupun penanggulangan dampak negatif yang timbul akibat lingkungan terhadap derajat kesehatan masyarakat. Salah satu yang diterapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang adalah melaksanakan upaya upaya tersebut dengan Wadah Klinik Sanitasi yang meliputi MPA-PHAST (Metode Partisipatory Assesment-Partisipatory Hygiene  And Sanitation Transformation) dan CLTS (Community Led Total Sanotation) yang berkembang menjadi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).  Agar derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Sumedang meningkat, Bupati telah mencanangkan Sumedang STBM pada tahun 2012. Oleh karena itu diperlukan dokumen renstra STBM.

Dokumen renstra STBM ini berisikan analisis geografis dan kependudukan, strategi pembangunan kesehatan kabupaten Sumedang, capaian program kesehatan lingkungan tahun 2009.



Post Date : 21 Februari 2012