Ribuan Orang Bersihkan Pantai

Sumber:Indo Pos - 08 Mei 2005
Kategori:Sampah Luar Jakarta
MAYANGAN - Ada yang tidak biasa di sekitar pantai Pelabuhan Tanjung Tembaga, Mayangan, Kota Probolinggo, Jumat (6/5) pagi lalu. Jika sebelumnya, hanya terlihat aktivitas para nelayan dan pedagang ikan. Pagi itu, sekitar pukul 06.00, di sepanjang bibir pantai dipenuhi ribuan orang.

Bahkan, di situ juga ada Wali Kota Probolinggo HM Buchori, Wakil Wali Kota Koentjoro Soehadi, anggota DPRD, dan muspida lainnya. Ratusan pelajar dari beberapa sekolah di kota, serta seluruh karyawan karyawati pemkot dan instansi, seperti Adpel dan Pelindo III.

Ternyata, mereka berkumpul untuk melakukan bersih-bersih pantai. Acara "Jumat Bersih" yang biasanya dilakukan di pemkot, saat itu dialihkan ke pelabuhan Tanjung Tembaga. Acara yang berakhir pukul 09.15 itu, diawali dengan senam bersama. Usai senam, mereka mulai membersihkan pantai di pelabuhan bagian barat itu.

Satu persatu, sampah yang tercecer itu dikumpulkan dan dijadikan satu. Mulai plastik, kertas dan daun-daun. Mereka terlihat bersemangat, untuk membersihkan pantai yang terlihat kumuh dan kotor itu. "Pantas baunya nggak enak. Wong dijadikan tempat penjemuran ikan," kata salah satu peserta, saat melintasi tempat penjemuran ikan itu.

Tak terkecuali Wali Kota HM Buchori. Orang nomor satu di kota Probolinggo ini, terlihat bersemangat memunguti sampah-sampah yang ada di bibir pantai itu. Sesekali, dia terlihat berbincang-bincang santai dengan peserta lainnya. Termasuk muspida lainnya, juga terlihat sibuk memunguti kotoran lainnya.

Seperti diketahui bersama, kawasan pelabuhan Tanjung Tembaga ini kerap dikeluhkan masyarakat. Selain baunya tidak enak, di beberapa tempat sering ditemui sampah berserakan. Padahal tempat itu, sering dikunjungi keluarga yang ingin menikmati indahnya pantai.

Setelah sampah-sampah itu terkumpul, kemudian dijadikan satu dan dimasukkan ke dalam truk sampah yang sudah disiapkan itu. Selanjutnya, sampah-sampah itu dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota HM Buchori berharap, acara bersih-bersih itu ditindaklanjuti. Dia juga berpesan, bahwa kebersihan pelabuhan itu, merupakan tanggung jawab bersama.

"Kepada Adpel dan Pelindo, tolong kebersihan di pelabuhan ini dijaga. Kepada masyarakat, saya minta untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sehingga, pelabuhan ini tetap bersih, nyaman dan enak dipandang," pesannya. (nyo)

Post Date : 08 Mei 2005