RSHS Ajak Petugas Cuci Tangan Bersama

Sumber:Koran Sindo - 06 Mei 2010
Kategori:Sanitasi

BANDUNG (SI) – Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung mengajak seluruh petugas medis mencuci tangan bersama dalam program bertajuk Clean Care is Safer Care.

Ketua tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit (PPIRS) Djatnika Setiabudi menuturkan, acara ini digelar sebagai upaya mengingatkan kembali pentingnya menjaga kebersihan tangan,khususnya terhadap petugas medis RSHS.“Sebab, setiap hari mereka bergelut dengan alat-alat medis dan pasien,” ujarnya saat ditemui Seputar Indonesia usai acara Clean Care is Safer Caredi RSHS Bandung,Jalan Pasteur,Kota Bandung,kemarin.

Dia menyatakan, menurut sebuah penelitian,transfer kuman dari tangan melalui alat-alat medis, ataupun tangan pasien ke perawat atau sebaliknya bisa menular sangat cepat.“Karena itu,mereka perlu selalu diingatkan, jika setelah berinteraksi dengan alat-alat maupun pasien harus segera mencuci tangan agar terhindar dan tidak menyebarkan kuman,”ujarnya. Selain itu,pentingnya mencuci tangan tersebut merupakan upaya mengurangi risiko infeksi terkait perawatan petugas di ruangan dan meningkatkan keselamatan pasien.“

Perawatan bersih terhadap pasien merupakan salah satu faktor yang dapat menolong jiwa, karena keselamatan pasien adalah prioritas pertama kami,”tuturnya. Dia menambahkan, untuk melakukan kebersihan tangan bisa dilakukan dengan dua cara, yakni mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

“Sedangkan cara kedua bisa dilakukan dengan cairan berupa alkohol atau bisa disebut cuci tangan kering,”jelas Djatnika. Semua petugas medis dari berbagai komponen RSHS mengikuti acara ini.“Dengan menggunakan alkohol, mereka bisa mencuci tangan praktis dan efisien,”ungkapnya. (CR-2)



Post Date : 06 Mei 2010