Saluran Air Telan Anggaran Rp400 Juta

Sumber:Koran Sindo - 13 Februari 2008
Kategori:Drainase
SURABAYA (SINDO) Air yang kerap menggenangi ruas jalan di pinggiran Kota Surabaya menjadi perhatian Dinas Bina Marga dan Pematusan (DBMP) Surabaya.

Bila tak segera diatasi, genangan tersebut bakal merusak jalanjalan akibat terkikisnya aspal. Saat ini, DBMP mulai membangun saluran tepi air jalan.Ada dua ruas jalan yang tepinya perlu saluran, yaitu Jalan Rungkut Menanggal dan Jalan Ahmad Yani sisi timur. Kedua jalan tersebut berbatasan langsung dengan wilayah Kecamatan Waru.

Ditargetkan akhir Februari ini sudah rampung, terang Kepala DBMP Sri Mulyono. Menurutnya, pengerjaan pembangunan saluran tepi sebenarnya bisa lebih cepat.Pasalnya, DBMP menggunakan beton saluran leter U buatan pabrik yang bersistem bongkar pasang (knock down). Karena terkendala jaringan utilitas milik PT PLN, PDAM dan Telkom, pengerjaan menjadi sedikit terhambat.

Diperlukan kehati-hatian agar tidak merusak utilitastersebut. Saluran tersebut, kata Sri, akan menampung air yang selalu menggenangi badan jalan di perbatasan Surabaya- Sidoarjo. Anggaran proyek ini sekitar Rp400 juta, dari APBD 2008,pungkas Sri. Anggota Komisi C (Bidang Pembangunan) DPRD Kota Surabaya Salman Faris mengatakan, pengerjaan saluran air di pinggir-pinggir jalan harus dipercepat.

Dengan begitu, banjir bisa cepat teratasi. Selain itu, jalan beraspal juga tidak mudah rusak. Bila perlu, pembuatan saluran itu diperluas di pinggirpinggir jalan yang selama ini masih terdapat genangan air. (soeprayitno/ abdul rochim)



Post Date : 13 Februari 2008