Sampah di Bandung Kembali Menumpuk

Sumber:Suara Pembaruan - 02 November 2006
Kategori:Sampah Luar Jakarta
[BANDUNG] Sampah yang menumpuk kembali terlihat di sekitar Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar). Penyebabnya tiada lain, pemerintah kota mengalami kekurangan sarana pengangkut sampah dari tempat pembuangan sementara (TPS) di Kota Bandung menuju ke tempat pengolahan sampah di Sarimukti, Kabupaten Bandung.

Penumpukan sampah itu terlihat di beberapa TPS seperti di Jalan Cibeunying, Sederhana, Taman Sari, Antapani, Bungur, dan Kobang. Tempat-tempat tersebut termasuk 20 TPS besar yang ada di Bandung dari total TPS sekitar 200 buah. "Penumpukan karena kita kesulitan sarana dan prasarana," ungkap juru bicara Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung, Sefrianus Yosep kepada Pembaruan di Bandung, Rabu (1/11).

Kesulitan pengangkutan mulai terasa selepas Lebaran . Menurut Yosep, sebelum Lebaran PD Kebersihan masih mampu mengoperasikan 200 rit kendaraan pengangkut sampah. Satu kendaraan mampu mengangkat 10 meter kubik sampah.

"Biayanya saja mencapai Rp 38 juta per hari. Karena kita menyewa 35 buah truk pengangkut. Truk milik kita sendiri ada 70 buah, namun yang bisa beroperasi paling 58 hingga 60 buah. Karena sudah tua dan kurang kuat," ujarnya.

Idealnya, sampah di Kota Bandung dan sekitarnya diangkut oleh 140 truk. Makanya, sambung dia, pengadaan sarana pengangkut baru menjadi keharusan jika memang menginginkan Bandung tetap bersih.

"Jangan seperti sekarang ini, mengangkutnya dengan kendaraan tahun 1985. Kalau bisa pemerintah bantu kita dengan memberikan kendaraan yang baru," tegas dia.

Lebih lanjut, Yosep menjelaskan, saat ini pihaknya hanya bisa beroperasi kurang dari 100 rit. Padahal sebelum Lebaran dengan adanya kendaraan sewaan tersebut, pengangkutan sampah bisa mencapai 200 rit per hari. [153]



Post Date : 02 November 2006