Sampah di TPA Talang Gunung Kian Menggunung

Sumber:Koran Sindo - 23 Januari 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

TEBING TINGGI – Keberadaan sampah di TPA Talang Gunung Kecamatan Tebing Tinggi kian hari kian banyak alias menggunung.

Pihak terkait sepertinya tidak terlalu menggubris hal tersebut, meskipun keberadaan gundukan sampah tersebut bukan berada dibalik tembok TPA yang dibangun di pinggir Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tersebut. Kondisi tersebut jelas menimbulkan keresahan dan pertanyaan, terkait kinerja petugas yang membuang sampah di lokasi tersebut. Camat Tebing Tinggi Alhumaidi Saman mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan hal tersebut.

Karena menurutnya, keluhan mengenai hal itu sudah sangat banyak disampaikan oleh masyarakat. Bahkan menurutnya secara lokasi TPA tersebut memang tidak layak. Mengingat keberadaan TPA tersebut berada di pinggir Jalinsum yang merupakan jalan negara. “Kitajugamenyayangkanhal itu,kalaupun mau buang disana cobalah di belakang tembok TPA jangan dipinggir jalan meskipun di lokasi TPA,”ujarnya.

Menurutnya, memang ada rencana awal untuk mengalihkan TPA ke kawasan jalan poros. Namun hingga kini pihaknya juga belum mendapatkan informasi mengenai kelanjutan dari rencana tersebut. Hingga saat ini sampahsampah yang berasal dari limbah rumah tangga warga Tebing Tinggi termasuk dari sampah dari pasar masih dibuang ke lokasi tersebut.Hanya saja menurutnya, sampah tersebut harus di buang ke balik tembok, bukannya malah numpuk di pinggir jalan.

“Kita tidak menyalahkan sampah dibuang kesana,hanya saja jangan dipinggir jalan tapi dibalik tembok TPA yang memang sudah disiapkan,”tukasnya. Pihak kecamatan menurutnya tidak bisa berbuat banyak dalam hal ini. Karena masalah tersebut menjadi kewenangan dinas tertentu. Namun pihaknya menyarankan, pihak terkait untuk melakukan pengecekan ke lokasi dan menegur petugas yang ada karena telah membuang sampah bukan di balik tembok TPA.

Sebelumnya, pihak terkait dalam hal ini Dinas Pasar Kebersihan Pertamanan (DPKP) Empatlawang enggan disalahkan mengenai hal tersebut. Kepala DPKP Empatlawang Syarkowi Tohir mengatakan, masalah mereka masih membuang sampah ke TPA Talang Gunung karena saat ini itu lokasi yang ada. Terkait banyaknya keluhan mengenai sampah yang masih dibuang ke TPA tersebut menurutnya, pihaknya tidak bisa menjawab atau menerangkan mengenai hal tersebut.

Namun menurutnya jika banyak tumpukan sampah yang tidak terangkut, baik di pinggir jalan atau dikawasan pasar Tebing Tinggi baru menjadi persoalan dan tanggung jawab mereka. Mengenai lokasi pembuangan yang masih ke lokasi tersebut itu menjadi kewenangan pihak Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PUCK) Empatlawang.

Karena menurutnya, pengadaan dan pembangunan lokasi TPA yang baru menjadi tanggung jawab dan kewenangan mereka. “Intinya mengapa sampah masih dibuang ke TPA Talang Gunung, karena memang lokasi TPA memang masih disana,”tandasnya. irhamudin



Post Date : 23 Januari 2013