Sampah Kembali Menumpuk di TPS

Sumber:Pikiran Rakyat - 27 Februari 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
BANDUNG, (PR).-Sampah kembali menumpuk di sejumlah tempat pembuangan sementara (TPS) di Kota Bandung, seperti di Jln. Pagarsih, Jln. Ambon, dan Jln. Moh. Toha, Senin (26/2).

Tumpukan sampah terjadi akibat terhambatnya upaya pengangkutan ke tempat pembuangan akhir (TPA) karena hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Bandung, sehingga membuat truk mudah selip.

Truk ini terguling, Kamis (22/2) lalu. Makanya, mesinnya jadi agak bermasalah. Jalan yang belum bener di sekitar TPA, ditambah air hujan, membuat truk mudah selip, kata Koko (53), sopir truk yang mengangkut sampah dari TPS Pasar Gempol, Pasar Kembang, RS Borromeus, dan TPS Jln. Ambon.

Selain itu, hujan juga menyebabkan antrean panjang truk sampah di jalan masuk TPA. Panjang antrean 400 m s.d. 500 m dan memakan waktu 2-3 jam untuk buang. Makanya, pengangkutan sampah jadi terhambat,kata Koko.

Tumpukan sampah paling banyak terlihat di TPS Jln. Ambon yang ketinggiannya hampir 2 meter. Tumpukan sampah ini tidak diangkut selama satu minggu, makanya tinggi seperti ini. Biasanya, setiap hari butuh dua rit. Tapi, kalau tingginya seperti ini, harus lebih dari enam rit, kata Mudsin (53), penanggung jawab TPS Jln. Ambon.

Dirut PD Kebersihan Kota Bandung Awan Gumelar yang hendak dikonfirmasi, semalam, tidak juga mengangkat handphone-nya. Namun, menurut keterangan terakhir Awan, dari semua truk yang dimilikinya, hanya 50% yang layak pakai. (A-154)



Post Date : 27 Februari 2007