Sampah Kembali Menumpuk di TPS

Sumber:Pikiran Rakyat - 16 Januari 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
BANDUNG, (PR).-Dalam beberapa pekan terakhir, tumpukan sampah kembali ditemui di sejumlah titik tempat pembuangan sampah sementara (TPS) di Kota Bandung.

Berdasarkan pengamatan PR, TPS yang mengalami penumpukan sampah, antara lain, TPS di Jln. Bungur, Jln. Surya Sumantri, Jln. Tamansari, Kompleks Griya Cempaka Arum, dan Jln. Parakansaat Cipamokolan. Tumpukan sampah juga terlihat di bawah Jembatan Pasupati, di bawah jembatan layang Kiaracondong, dan di pinggir Jln. Sudirman berdekatan dengan Pasar Andir.

Menurut penuturan Ujang (34), tukang sampah di wilayah Antapani, sampah yang ia buang ke TPS Cipamokolan, sudah 2 minggu lebih tidak diangkut. Abdi oge bingung bade dipiceun ka mana, katanya kepada PR di TPS Cipamokolan.

Akibatnya, sampah yang tidak tertampung di TPS Cipamokolan itu, menutupi setengah badan jalan. Kendaraan yang melintas, khususnya roda empat, harus bergantian memakai jalan.

Hal itu membuat seorang warga, Ade (22), berinisiatif mengatur arus lalu-lintas. Kalau gak diatur kayak gini, pasti macet wae Kang. Kemarin-kemarin juga macet lumayan panjang, katanya.

Di TPS Jln. Surya Sumantri, sekira 10 gerobak bermuatan sampah berderet di sisi TPS. Itu terjadi karena TPS itu sudah penuh sehingga tidak mampu menampung sampah lagi. Demikian juga yang terlihat di TPS Tamansari.

Di bawah jembatan layang Kiaracondong pun, tumpukan sampah mudah ditemui. TPS di Pasar Kiaracondong sudah tidak mampu lagi menampung sampah. Akhirnya, warga berinisiatif membuangnya di bawah jembatan. Pemandangan yang sama juga terlihat di bawah jembatan layang Pasupati, dekat Cihampelas. (A-128)



Post Date : 16 Januari 2007