Sampah Makin Menumpuk, Sarankan 5 R

Sumber:Indo Pos - 14 Januari 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
MALANG- Hati-hati dengan sampah yang tergolong dalam limbah padat. Sebab, jika salah menanganinya maka akan berakibat fatal bagi lingkungan. Bukan hanya menyebabkan bersarangnya vektor penyakit dan terbentuknya lindi yang mencemari air tanah, tapi yang lebih memprihatinkan, kondisi tersebut menunjukkan rendahnya estetika terhadap lingkungan.

Setidaknya, itulah saran yang dilontarkan guru besar Teknik Lingkungan FTSP-ITS Prof Dr Yulinah Trihadiningroem MappSc saat mengisi kuliah tamu bertajuk "Pengelolaan Persampahan Kota" yang digelar jurusan Teknik Lingkungan ITN kemarin.

Yulinah mengatakan, sampah sebenarnya bukan hal baru lagi di semua daerah. Hanya saja, penanganan yang dilakukan selama ini tampaknya belum optimal. Karena itulah, penanganan sampah harus dikembalikan lagi pada masing-masing personal. "Kalau hanya mengandalkan penanganan dari pemda setempat tanpa diikuti kesadaran diri dalam menangani sampah, saya yakin persoalan sampah tidak akan pernah selesai," ucapnya.

Lebih lanjut, berbicara soal penanganan limbah padat, solusi yang bisa dilakukan di antaranya harus ada pemisahan, penyimpanan, dan pengolahan yang tepat. Dalam hal ini, ada tiga unsur utama yang saling mendukung. Pertama, tentu saja berangkat dari kebijakan pemerintah yang mendukung penuh penanganan sampah, selain itu harus ada pengaturan dan pengawasan. Sedangkan terakhir, ketersediaan teknologi pengolahan sampah juga harus diperhatikan. "Selain tiga unsur utama itu, salah satu cara efektif dalam pengelolaan sampah kota adalah meminimalisasi limbah padat dan sumbernya," tandas dia.

Sedangkan salah satu metode yang bisa diterapkan dalam minimisasi sampah ini adalah penerapan 5 R. Yakni, reduksi atau dengan mengurangi penggunaan bahan baku, Re-use atau penggunaan kembali, recycle atau daur ulang, recovery atau pemulihan, dan revalue atau memperoleh kembali nilai ekonomi sampah.. (nen)



Post Date : 14 Januari 2007