Sampah Menumpuk di Mana-mana

Sumber:Koran Sindo - 07 November 2012
Kategori:Sampah Luar Jakarta
PANGKALAN BALAI – Kondisi topografi yang terpencar serta didominasi kawasan perairan menjadi alasan sulitnya Pemerintah Kabupaten Banyuasin dalam mengelola sampah buangan masyarakat. 
 
Bahkan, di sepanjang ruas jalan lintas timur (jalintim) Banyuasin, tampak tumpukan sampah. Apriansyah, warga Pangkalan Balai,menuturkan, sebagai kabupaten yang mengelilingi ibu kota provinsi, seharusnya Banyuasin dapat membenahi pengelolaan sampah. Namun, pada kenyataannya, sampah yang bertumpuk dan berserakan di sepanjang jalintim Banyuasin sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Apalagi, di Kota Pangkalan Balai, Betung, bahkan daerah perbatasan Kota Palembang.
 
“Minim lokasi pembuangan sampah sehingga masyarakat buang sampah sembarangan. Lihatlah di kota dan kawasan Pasar Pangkalan Balai,sampah bertumpuk di mana-mana,” kata Apriansyah seraya menyarankan Dinas Kebersihan meningkatkan intensitas pengangkutan sampah. Terkadang, sampah yang berada di Pasar Pangkalan Balai baru diangkut pada malam hari. Akibatnya, sepanjang hari sampah terlihat menumpuk di mana-mana.Apalagi, di Kabupaten Banyuasin, lokasi tempat pembuangan akhir sampah masih belum tersedia. 
 
Dengan demikian, sampah dari tujuh kecamatan pada daratan Banyuasin,mulai Betung, Suak Tapeh, Pangkalan Balai, Sembawa, Talang Kelapa, Banyuasin I,hingga Rambutan,diangkut ke Palembang.“Mestinya ada lokasi pembuangan sampah yang representatif,” ujar dia. Hal senada dikatakan Irawan, warga Talang Kelapa.Menurut dia,lokasi di depan pasar malam Sukajadi Talang Kelapa saat ini masih dimanfaatkan sebagai lokasi pembuangan sampah. Padahal, lokasi tersebut berbatasan dengan Kota Palembang. Bahkan, di sepanjang jalintim Talang Kelapa juga masih terlihat tumpukan sampah.
 
“Lokasi itu, meski sudah dibersihkan, masih jadi lokasi pembuangan sampah.Petugas yang terlambat mengangkut membuat sampah menumpuk dan menimbulkan bau busuk,” ungkap Irawan. Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Banyuasin Amir Fauzi mengatakan, sarana pembuangan sampah, seperti tempat sampah,memang masih kurang. Di beberapa titik lokasi masih dibutuhkan tambahan tong-tong sampah. 
 
Sementara, mengenai keberadaan tempat pembuangan akhir sampai di Banyuasin, hingga kini masih mengalami kendala. Untuk TPA di Talang Buluh, Sukajadi, Talang Kelapa, masih dalam proses pembangunan, baik sarana TPA maupun jalan. tazmalinda


Post Date : 07 November 2012