Sampah Plastik Harus Dikurangi

Sumber:Pikiran Rakyat - 11 April 2012
Kategori:Sampah Luar Jakarta
BANDUNG, (PRLM).- Warga Kota Bandung sudah waktunya untuk mengurangi kantong plastik untuk diganti dengan bahan yang mudah terurai. Selain itu para pengusaha retail yang ada di Kota Bandung juga harus memulai mengurangi penggunaan kantong plastik pada setiap transaksinya.
 
Demikian diungkapkan Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda usai melakukan sosialisasi rancangan peraturan daerah tentang pengurangan kantong plastik yang tidak ramah lingkungan di Balai Kota Bandung, Selasa (10/4).
 
"Mulai dari diri sendiri, kita mengurangi penggunaan kantong plastik, salah satu cara bila berbelanja membawa kantongnya sendiri dari rumah sehingga tidak menggunakan kantong plastik," ucap Ayi.
 
Banyaknya penggunaan kantong plastik, menurut Ayi, ternyata berkontribusi penyebab banjir cileuncang di Kota Bandung. "Kalau dibersihkan ternyata sebagian besar sampah itu merupakan kantong plastik yang susah terurai," ucapnya.
 
Pentingnya pengurangan penggunaan kantong plastik, Pemkot Bandung membuat Raperda ini, Ayi berharap pada tahun ini Perda tersebut sudah bisa rampung dan mulai diterapkan.
 
"Diharapkan sudah mulai efektif dan mengurangi penggunaan kantong plastik dibeberapa pusat perbelanjaan dan toko retail lainnya," katanya.
 
Bahkan Ayi menegaskan bila pengusaha membandel dalam menerapkan kebijakan ini, pihaknya tidak segan-segan untuk merekomendasikan mencabutan izin tersebut. "Kita berikan sanksi baik adm maupun denda," katanya. (A-113/A-26).


Post Date : 11 April 2012