Sanitasi Kurang Layak

Sumber:Suara Merdeka - 30 Agustus 2007
Kategori:Sanitasi
NGABLAK - Salah satu penyebab wabah di Dusun Beran, Desa Kanigoro, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang adalah faktor lingkungan, terutama sanitasi yang kurang layak. "Demikian kesimpulan hasil penelitian Tim UGM Yogyakarta," ungkap Berdiyanto, Ketua Panitia Khusus (Pansus) IV DPRD Kabupaten Magelang, kemarin.

Seperti diketahui, 10 warga Beran meninggal dunia dan puluhan lainnya harus menjalani perawatan medis, belum lama ini. Masyarakat setempat meyakini, musibah mendadak itu merupakan pagebluk. Sampai sekarang, penyebab KLB (kejadian luar biasa) belum diketahui secara pasti.

Pemkab menggelar penyuluhan menyangkut sanitasi lingkungan. Selain itu, juga bantuan Rp 40 juta untuk pemugaran 20 rumah warga yang dinilai kurang layak dari segi kesehatan.

Berdiyanto meminta eksekutif segera membenahi lingkungan Dusun Beran serta Dusun Pete, Desa Kanigoro. Penataan sanitasi dua dusun tersebut, bisa dilakukan dengan memanfaatkan anggaran APBD kabupaten.

Untuk kepentingan itu, Pansus IV akan mengusulkan Rp 43 juta dalam APBD Perubahan 2007. Program juga dibarengi dengan pengadaan jamban bagi rumah-rumah warga.

Telah diusulkan Rp 107 juta lebih dalam APBD perubahan.

"Dana memang tidak masuk dalam pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara APBD Perubahan 2007. Namun anggaran sangat dibutuhkan untuk menangani dampak KLB. Karena itu, sudah sepantasnya jika usulan didukung semua pihak," ujarnya.

Pemkab juga disarankan untuk memfasilitasi pembuatan kandang ternak dan unggas kelompok. (pr-72)



Post Date : 30 Agustus 2007