Satu Warga Satu Pohon, Upaya Selamatkan Lingkungan Ciliwung

Sumber:Media Indonesia - 19 Desember 2009
Kategori:Lingkungan

JAKARTA--MI: Gerakan menyelamatkan lingkungan khususnya di kawasan Kali Ciliwung terus berlanjut. Untuk itu, warga dihimbau aktif berpartisipasi  menanam satu pohon setiap satu orang (one man one tree).

"Kami dan warga berperan penting menyelamatkan lingkungan dan menghijaukan lingkungan sekitar kita. Mari kita terus menggiatkan menanam pohon," kata Wali Kota Jakarta Selatan Syahrul Effendi dalam acara penanaman pohon ke-50 ribu gerakan one man one tree di bantaran Kali Ciliwung, Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, Jaksel, Jumat (18/12).

Acara ini di ikuti antusias oleh ratusan warga Jagakarsa, ormas, dan organisasi pemuda. Juga didukung aksi sosial pelayanan kesehatan oleh pemuda yang tergabung Asosiasi Penggemar Kendaraan Militer dan Pancamarga.

Wali Kota Syahrul yang didampingi Kasudin Pertanian dan Kehutanan Pemkot Jaksel Aswin Saragih, menyatakan setiap bulannya pihaknya bertekad minimal menanam 10 ribu pohon.  Pencanangan gerakan menanam pohon ini bergulir sejak Agustus 2009.

Bagi Aswin Saragih terwujudnya penanaman pohon ke-50 ribu ini sebagai bentuk tekad dan komitmen pemerintah Jaksel dan Pemprov DKI menghijaukan Jakarta. "Acara ini terwujud berkat partisipasi warga, pemuda, tokoh masyarakat, dan usahawan yang peduli lingkungan," kata Aswin yang meraih gelar doktor bidang lingkungan di UNJ Jakarta.

Penanaman pohon secara simbolis di lakukan di pinggiran Kali Ciliwung, sebanyak 10 ribu pohon rambutan setinggi dua-tiga meter ditanam di bantaran kali. Sejumlah Abang None (Abnon) Jaksel turut memeriahkan penanaman pohon ke-50 ribu ini. Turut hadir aktor sinetron terkenal Le Roy. (Bay/OL-03)



Post Date : 19 Desember 2009