Sebagian Kota Tangerang Masih Terendam Banjir

Sumber:Kompas - 11 Februari 2007
Kategori:Banjir di Jakarta
Tangerang, Kompas - Sebagian kota di wilayah Kota Tangerang, Provinsi Banten, masih terendam banjir dengan ketinggian sekitar 1,5 meter. Diperkirakan, air masih akan bertahan paling tidak sampai satu bulan lamanya.

Keadaan Kecamatan Periuk, yang terdapat lima kelurahan, termasuk yang paling parah. Kedalaman air maksimal 1,5 meter terdapat di Desa Gembor.

Pada umumnya, seluruh genangan yang ada di Periuk semakin surut. Lima kelurahan yang masih banjir adalah Kelurahan Periuk, Periuk Jaya, Sangiang Jaya, Gembor, dan Gebang Raya.

Menurut Camat Periuk Mulyadi, Sabtu (10/2), sebagian warga sudah mulai kembali ke rumah masing-masing setelah air surut. Mereka mulai membersihkan rumah dengan peralatan seadanya. Sedangkan warga Kelurahan Gembor belum bisa kembali ke rumah karena rumah mereka masih terendam banjir.

"Kami berupaya mempercepat surutnya genangan dengan membersihkan pintu air, dekat Gembor, dari eceng gondok. Hasilnya, sedikit demi sedikit air mulai surut," kata dia.

Dari pantauan Kompas di lapangan, genangan setinggi 1,5 meter di Gembor tidak saja menggenangi pemukiman warga, tetapi juga akses jalan menuju perumahan itu. Akses jalan terdekat dari arah Pasar Sangiang harus ditempuh dengan menggunakan perahu karet maupun getek dari rakitan bambu dan batang pisang. Akses jalan lain yang bisa ditempuh ke kawasan yang dihuni oleh 1.765 orang itu bisa melewati jalan memutar yang jauhnya dua kali lipat jalan yang tergenang.

Rawa-rawa

Wakil Ketua Posko Banjir Kelurahan Gembor Bakri mengatakan, sampai Sabtu kemarin masih ada 465 keluarga yang mengungsi.

Di kelurahan itu, kata Bakri, tempat pengungsian tersebar di SD Total Persada, mushala RT 3, dan sebagian yang lain tersebar di perumahan warga. "Sejak Jumat, air tak saja surut, memang daerah ini daerah rawa. Saat banjir tahun 2002, air baru bisa surut di tempat ini selama 27 hari," kata dia.

Permukiman yang terendam, menurut sumber lain, dibangun di kawasan rawa yang seharusnya untuk parkir air.

Genangan dengan kedalaman satu meter lebih juga terdapat di Kelurahan Gebang Raya. Salah satu titik genangan terdapat di Perumahan Pepabri.

Pengungsi banjir di Gembor berharap ada bantuan berupa obat-obatan. Hal ini disebabkan sejumlah warga mulai menderita gatal-gatal, pilek, dan demam. (NDY)



Post Date : 11 Februari 2007