Sehat Dengan Air Putih

Sumber:Suara Pembaruan - April 2005
Kategori:Air Minum
Meminum air putih yang cukup pada pagi hari, sebelum atau sesudah sarapan pagi, amatlah bagus untuk kesehatan tubuh. Setidaknya Anda yang ingin hidup sehat, harus meminum segelas air putih sebelum sikat gigi di pagi hari. Sebab, ludah basi yang terdapat di dalam mulut mengandung banyak enzim yang sangat bagus untuk pencernaan makanan yang disebut enzim amilase, yaitu suatu enzim yang dapat memecahkan karbohidrat pati.

Anjuran ini dikemukakan oleh Ahli Gizi Masyarakat Dr. Clara. M. Kusharto pada perbincangan bersama Pembaharuan di RS. UKI Jakarta, Selasa (10/4)

"Sebaiknya, minum air putih setelah bangun pagi, jangan sikat gigi dulu supaya air ludah yang mengandung enzim amilase itu, tidak hilang." Ujar ahli gizi yang juga Ketua Kelompok Kerja bidang Pangan, Gizi dan Kesehatan Masyarakat (Pokja PGKM) Institut Pertanian Bogor ini.

Air putih merupakan zat gizi yang utama selain karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral, serta sangat baik untuk membantu upaya penurunan berat badan atau orang yang melakukan diet sebab air putih mampu memberikan rasa kenyang, sehingga dapat menahan keinginan untuk makan. Air putih juga memiliki sifat sebagai pelarut yang membantu reaksi kimia dalam tubuh.

Kelebihan lain yang dimiliki air putih adalah tidak mengandung lemak ataupun kolesterol sehingga dianjurkan bagi orang yang sedang melakukan diet atau ingin menurunkan berat badan. Air putih secara alami tidak mengandung kalori serta memiliki kadar sodium yang rendah.

Sebaiknya, untuk yang melakukan diet harus meminum air putih minimal 8 gelas perhari. Sedangkan untuk orang tidak melakukan diet, sebaiknya mengkonsumsi air putih sebanyak 6 hingga 8 gelas per hari. "Lebih banyak lagi, memang lebih bagus," ujar Clara.

Khasiat lain yang dimiliki air putih adalah dapat mengatur temperatur tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh.

Otak yang juga memiliki fungsi sebagai pusat haus (hypothalamus) secara otomatis akan menstimulasikan tubuh jika kekurangan cairan. "Dengan begitu, Anda harus meminum air putih sebanyak mungkin, minimal 6 gelas per hari," tandasnya.

Selain itu, air putih membantu mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yang tidak terpakai di dalam tubuh, yang akan dikeluarkan melalui alat-alat pengeluaran di dalam tubuh seperti ginjal, usus, kulit melalui keringat, paru-paru dan urine.

Air juga penting untuk metabolisme lemak yang masuk ke tubuh manusia karena 65% tubuh orang dewasa mengandung air. Jumlah ini harus dijaga agar metabolisme tubuh dapat berjalan lancar.

"Dengan meminum air putih yang banyak dapat membantu mencegah penyakit, seperti penyakit ginjal, diabetes, demam, dan sangat bagus untuk kulit." tutur Clara.

Meminum air putih yang cukup juga sangat menolong tubuh manusia untuk memproduksi kolesterol baik (HDL). HDL ini akan membuang kolesterol buruk yaitu lipoprotein berkepadanan rendah (LDL) yang dapat mengakibatkan sakit jantung serta kanker, kemudian membuangnya ke usus, organ pengeluaran metabolisme yang tidak terpakai di dalam tubuh, sehingga dapat keluar melalui tinja manusia.

Selain itu, air putih yang akan diminum baik juga bila dijemur di bawah sinar matahari pagi antara jam 6 hingga jam 9 pagi, dengan ditempatkan pada suatu wadah yang tertutup supaya tidak masuk debu.

Post Date : 03 April 2005