Sekarang Saatnya untuk Hemat Air!

Sumber:Majalah Nirmala - 08 Januari 2009
Kategori:Air Minum

Menurut data dari kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup, sejak tahun 2000 lalu telah terjadi kelangkaan air di Jawa dan Bali. Dan diperkirakan pada tahun 2015 kelangkaan akan meluas sampai Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur. Padahal, air adalah kebutuhan manusia yang utama. Selain untuk minum dan memasak makanan, air kita perlukan untuk membersihkan tubuh dan mencuci bahan makanan serta pakaian. Mengingat persediaan air yang semakin menipis, segeralah melakukan penghematan air, dari sekarang!

SAAT MANDI
Mandi dengan shower lebih menghemat air daripada nenggayung air dari bak mandi atau berendam dalam Bathtub. Matikan keran air ketika Anda menyikat gigi di wastafel. Nyalakan keran ketika Anda hendak membilas sikat gigi atau berkumur.

SAAT MENCUCI PAKAIAN
Proses mencuci pakaian adalah salah satu kegiatan yang banyak membutuhkan air. Jika menggunakan mesin cuci, maksimalkan kapasitas mesin cuci. Penghematan bisa dilakukan dengan memanfaatkan air bilasan. "Karena sayang kalau dibuang, saya menggunakan air bilasan untuk membersihkan ban mobil atau mengguyur lantai dan jalanan yang berdebu," kata Rina Gunawan, seorang aktris dan presenter dalam kampanye hemat air "Gerakan Sekali Bilas" Molto.

SAAT MENCUCI PERALATAN RUMAH TANGGA
Menampung air dalam wadah lebih menghemat air daripada mencuci piring dan gelas, serta peralatan rumah tangga lain langsung di bawah air yang mengalir.

SAAT MENCUCI KENDARAAN
"Mencuci mobil atau motor dengan lap dan seember air lebih menghemat air dibanding mencuci dengan semprotan air," kata Daniel Abbas dari Badan Pengendalian Kerusakan Lingkungan BPLH DKI Jakarta.

SAAT MENGINAP DI HOTEL
Tidak perlu meminta sprei dan selimut diganti setiap hari, jika Anda menginap lebih dari satu hari. Juga, tak perlu menggunakan handuk tambahan yang tersedia di kamar mandi, hanya karena Anda tidak akan diminta biaya tambahan untuk pemakaiannya. (N)



Post Date : 08 Januari 2009