Sekolah Lapangan ESP: Membangun Kemandirian Masyarakat dalam Pengelolaan Sumberdaya Air

Pengarang:Nanang Budiyanto
Penerbit:Environmental SErvices Program (ESP), x + 59 hal
No. Klasifikasi:333.91 BUD s
Kata Kunci:panduan, sekolah lapangan - penyelenggaraan, sumber daya air
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Perpustakaan ESP, Telp. 021-7209594
Kategori:Petunjuk
Referensi:http://www.esp.or.id/2009/10/26/wsm-toolkit-sl2/

Proses Sekolah Lapangan ESP (SL ESP) merupakan serangkaian kegiatan sampai dengan tersusunnya rencana aksi masyarakat yang akan menjadi landasan yang kuat untuk memperbaiki wilayah sumber daya airnya sehingga ketersediaan air bersih akan mampu mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Pendekatan ini lebih menekankan proses pendidikan untuk masyarakat untuk mempelajari dan memahami kondisi sumberdaya air yang ada di wilayahnya masingmasing.

Fokus utama dari buku ini adalah untuk memberikan informasi tentang bagaimana pengorganisasian dilakukan untuk membangun landasan yang kuat bagi pengelolaan sumberdaya air yang berkelanjutan.

Buku ini sangat cocok dibaca oleh para penentu kebijakan baik Pemerintah pusat maupun daerah, karena buku ini akan memberikan inspirasi untuk pengembangan kegiatan program pemberdayaan masyarakat. Bagi para Program Manajer dari lembaga-lembaga yang bekerja untuk mendukung pemberdayaan masyarakat juga disarankan untuk membaca buku ini karena sangat bermanfaat untuk memperkaya pendekatan-pendekatan bekerja dengan masyarakat bagi organisasinya masing-masing. Buku ini dapat memberikan inspirasi dan menggugah pembaca sehingga program program penguatan dan pemberdayaan masyarakat dapat diwujudkan untuk mendukung perbaikan pengelolaan sumberdaya air.

Daftar Isi:

Kata Pengantar

Ringkasan Eksekutif

Penulis

Daftar isi

Pengertian Sekolah Lapangan ESP ” Cerdaskan Rakyat Perbaiki Perikehidupan”

1.1. Kerangka Pemikiran
1.2. Arti, Prinsip, dan Ciri Sekolah Lapangan
1.3. Tahapan Sekolah Lapangan
1.4. Pelaku Sekolah Lapangan

Tahap Persiapan ”Program Bermanfaat pada Tempat yang Tepat”

Tahap Kajian dan Pembelajaran“Belajar dengan Alam untuk Tingkatkan Kualitas Hidup”

Tahap Penyusunan Rencana Aksi “Merancang Aktivitas Berbasis Realitas”

Tahap Penerapan Aksi ”Belajar dan Bergerak Bersama”
5.1. Sekolah Lapangan Pengelolaan Kebun Campur (SL PKC)
5.2. Sekolah Lapangan Pengelolaan Kawasan Konservasi
5.3. Sekolah Lapangan Pengelolaan Lahan dan Hutan
5.4. Sekolah Lapangan Pengelolaan Air Baku
5.5. Sekolah Lapangan Pengelolaan Sanitasi

Hari Temu Lapangan ”Kampanye Proses dan Hasil Sekolah Lapangan
untuk Menggalang Dukungan”

Tahap Tindak Lanjut Pengembangan ”Mandiri dan Kolaborasi untuk Keberlanjutan”
7.1. Penguatan Kelompok Berbasis Desa
7.2. Pengembangan Jaringan Kerjasama

Monitoring dan Evaluasi ”Menjawab Persoalan dengan Cepat dan Lugas”
8.1. Profil Kualitas Komponen Sekolah Lapangan
8.2. Profil Kualitas Hasil Sekolah Lapangan
8.3. Bentuk-bentuk Monitoring dan Evaluasi

Cerita Keberhasilan

Lampiran - Contoh Materi Belajar dari Berbagai Tema Sekolah Lapangan

Daftar Singkatan



Post Date : 11 November 2009