Sistem Sanitasi Ditingkatkan

Sumber:Koran Sindo - 11 Desember 2007
Kategori:Sanitasi
PALEMBANG (SINDO) Setelah mendapatkan empat penghargaan sekaligus dari Departemen PU dalam bidang drainase dan penyelenggaraan sanitasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan memperkuat pembangunan sanitasi pada 2008.

Pembangunan sanitasi akan dipercepat berupa penyediaan sanitasi umum atau MCK umum. Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra mengatakan,pada 2007 Palembang mendapat predikat kota metropolitan penyelenggara sanitasi (drainase) terbaik di Indonesia. Penghargaan ini membuktikan pembangunan di Kota Palembang terus dijalankan, walaupun belum semua dalam kategori baik, kata Eddy. Seperti diketahui, Kota Palembang mendapatkan penghargaan dari Departemen PU dalam empat kategori penghargaan.

Empat penghargaan tersebut adalah penyelenggaraan pembangunan drainase terbaik, penyelenggaraan terbaik dalam bidang air minum, penanganan pemukiman kumuh perkotaan, dan penyelenggaraan sampah penanganan sampah perkotaan. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kota Palembang Lukman Hakim mengatakan, pada 2008 akan dibangun sanitasi umum yang akan menampung kotoran dari 50 rumah tangga. Pembangunan tersebut menggunakan dana APBN.Pemkot Palembang sendiri menganggarkan dana pendamping sebesar Rp500 juta.

Pembangunan sanitasi ini akan dipusatkan pada pemukiman kumuh, yang sebagian besar terdapat di bantaran sungai,katanya. Kebutuhan dana mencapai Rp2 miliar.Dana tersebut akan diambil dari APBN melalui Departemen PU. Bantuan dari APBN tersebut berupa material yang akan digunakan dalam pembangunan itu. Sedangkan, biaya lain dianggarkan melalui danapendampingdalam APBD2008. (berli zulkanedi)



Post Date : 10 Desember 2007